Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Tembakau Luar Madura Bebas Masuk Sumenep

Penulis : Alhafid Rahmana - Editor : Redaksi

26 - Sep - 2015, 17:34

Placeholder
Tembakau luar Madura bebas masuk ke Sumenep karena sulit diantisipasi. (Foto: alhafid rahmana/maduratimes)

JATIMTIMES, MADURA – Tembakau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, rupanya tidak asli seratus persen hasil produksi petani setempat. Pasalnya, tembakau dari luar Madura pun bisa masuk ke kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini. 

“Untuk mencegah masuknya tembakau luar Madura sangat sulit,” pengakuan Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sumenep, Joko Suwarno, Sabtu (25/9/2015).

Joko mengungkapkan, pemerintah daerah setempat tidak mampu melakukan pemantauan terhadap masuknya tembakau tersebut. Hal itu disebabkan keterbatasan personel dalam melakukan pengawasan. Ditambah lagi, pedagang nakal juga lihai dalam membawa tembakau dari luar Madura itu. Rata-rata cara yang digunakan adalah menggunakan mobil boks untuk mengangkut, sehingga aksi mereka luput  dari pantauan. 

Anggota Komisi II DPRD Sumenep, Juhari, memaparkan bahwa pemerinta daerah mestinya tidak terkesan berpangku tangan terkait masuknya tembakau luar Madura. Pemerintah daerah diharapkan tidak hanya mengeluarkan alasan keterbatasan personel pengawas, tapi mencari langkah konkret lain yang lebih mengena, sehingga tembakau luar Madura itu tidak gampang masuk ke Sumenep.

“Akan lebih elegan mencari langkah lain daripada membeberkan kelemahan yang ada,” ujarnya.

Menurut politisi PPP Sumenep itu, masuknya tembakau luar Madura akan sangat berpengaruh terhadap harga jual tembakau lokal. Pasalnya, tembakau lokal diyakini lebih bagus daripada tembakau luar tersebut. Tembakau lokal diyakini berkualitas bagus, karena lahan tanam kebanyakan merupakan perbukitan yang sangat cocok untuk ditanami tembakau.

Sebab itu, Juhari mengimbau pemerintah daerah segera mengambil kebijakan, sehingga tembakau luar Madura tidak masuk lagi ke Sumenep.(*)


Topik

Ekonomi Tembakau-Sumenep



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Alhafid Rahmana

Editor

Redaksi