Dinkes Bogor Gelar Sosialisasi Lansia Produktif

Ilustrasi. (Foto: googleimage)
Ilustrasi. (Foto: googleimage)

JATIMTIMES – Indonesia merupakan lima negara di dunia yang memiliki jumlah usia lanjut tertinggi. Penduduk usia lanjut di Tanah Air diperkirakan mencapai 28,8 juta jiwa pada 2020 mendatang. Angka ini menjadi tantangan untuk menciptakan lansia yang sehat dan produktif.

"Diprediksikan 2020 jumlah lansia Indonesia mencapai 28,8 juta jiwa . Perlu upaya untuk mencegah dan promotif agar dapat membangun generasi dan negeri yang sehat dengan segala potensi yang dimiliki. Upaya ini dimulai dari masa kandungan, anaka-anak, remaja, dewasan dan mencapai usia lanjut yang tetap sehat, aktif serta produktif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota, Rubaeah di Kota Bogor, Kamis (5/11/2015).

Menunjukkan kepedulian terhadap lansia,  Dinas Kesehatan Kota Bogor bekerja sama dengan PT Tiga Pilar Manajemen Indonesia menggelar acara Bogor Senior Citizen Roadshow and Healthy Funfest 2015 dalam rangka sosialisasi menuju lansia sehat dan produktif sesuai instruksi WHO dan Pemerintah Pusat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009, pemerintah wajib menjaga kesejahteraan masyarakat lanjut usia agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomi.

Untuk mengakomodir amanat undang-undang tersebut, tambah Rubaeah, Pemerintah Kota Bogor telah melakukan upaya menyediakan sarana dan fasilitas untuk mendukung kesehatan lansia di kota tersebut.

"Salah satunya melalui Pos Windu Lansia yang merupakan pilot project Kementerian Kesehatan," kata Rubaeah.

Pemerintah Kota Bogor juga menyediakan Puskesmas Ramah Lansia yang memudahkan para lansia dalam memperoleh layanan kesehatan tanpa harus lelah mengantri dengan pasien umum lainnya.  (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor :
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Indonesia
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top