Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ponpes Tak Berizin, Kemenag Tak Berhak Memberi Binaan

Penulis : Muhammad Agus Salim - Editor : Redaksi

12 - Nov - 2015, 17:27

Placeholder
Kepala Kemenag, Jamal saat ditemui di ruangannya, pada Kamis (12/11/2015). Foto: agus/batutimes

JATIMTIMES, MALANG - Kementrian Agama (Kemenag) Kota Batu tak bisa berbuat banyak mengenai keberadaan Pondok Pesantren Darussalam An Nashr, Kota Batu, yang diketahui belum mengantongi izin. Hal itu berkaitan dengan adanya orang tua santri yang tidak terima santrinya diusir.

Kepala Kemenag, Jamal saat ditemui di ruangannya, pada Kamis (12/11/2015) menjelaskan, bahwa Pondok Pesantren tersebut memang tidak mengantongi izin sejak pidah dari lokasi pertama di wilayah Pandanrejo.

"Keberadaan Ponpes merupakan pindahan di Pandanrejo. Dan itu belum ada izin, karena belum mengajukan ke kami untuk mendirikan Ponpes," jelas Jamal.

Sehingga, lanjut Jamal pihaknya tidak mempunyai hak untuk melakukan pembinaan jika memang ada persoalan dengan Ponpes tersebut. "Kami tidak berhak untuk menegurnya. Itu urusannya pihak berwajib, " ujarnya

Kemenag selalu memberikan pembinaan kepada semua Ponpes yang berizin melalui Paguyuban Pondok Pesantren yang merupakan mitra dari Kemenag.

Perihal dugaan kasus pengusiran santri di Ponpes tersebut, pihaknya belum berani berkometar karena belum mengetahuinya secara jelas, namun Jamal mengatakan bahwa kekerasan tidak dibenarkan dalam hal apapun. "Dimana-mana kekerasan itu tidak diperbolehkan," ujarnya.

Meskipun tak memiliki hak untuk menegur, Jamal menyatakan siap apabila dibutuhkan pihak berwajib untuk melakukan pengecekan di Ponpes tersebut. (*)


Topik

Peristiwa Kemenag-Kota-Batu Pondok-Pesantren-Darussalam-An-Nashr Ponpes-Tak-Berizin



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Agus Salim

Editor

Redaksi