Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Komisi D Lobi Pusat Cabut Regulasi Pelabuhan Ujung Kamal

Penulis : Adi Suprayitno - Editor : Redaksi

11 - Mar - 2016, 17:56

Placeholder
Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, Mahdi (foto: adi s/surabayaTIMES)

Turunnya tarif tol  jembatan Suramadu sebesar 50 persen dapat berpotensi menyebabkan pengusaha penyeberangan Ujung-Kamal gulung tikar. Dampaknya, banyak pengangguran tenaga kerja eks pelayaran.

Komisi D DPRD Jawa Timur akan menfasilitasi pengusaha pelayaran dengan melobi pemerintah pusat agar regulasi yang menyebutkan bahwa pelabuhan Ujung Kamal pelabuhan komersil dicabut.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, Mahdi mengungkapkan, komisinya akan memanggil Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim untuk mengetahui tindak lanjut pasca penurunan tol Suramadu. Mengingat, turunnya tarif tol mengakibatkan masyarakat yang akan ke Madura atau ke Surabaya beralih melewati jembatan Suramadu daripada menggunakan kapal.

“Masyarakat pastinya memilih lewat jembatan Suramadu. Selain lebih aman, penyeberangan ke Madura lebih cepat. Ini tentunya nanti pengusaha pelayaran gulung tikar, dan banyak pengangguran,” ujar politisi asal PPP itu.

Beberapa pengusaha pelayaran mengajukan subsidi ke pemerintah pusat, agar kerugian tidak terlalu besar. Namun pengajuan subsidi tersebut terbentur adanya regulasi yang menyebutkan bahwa penyeberangan Ujung Kamal merupakan  pelabuhan komersil.

“Kita akan juga gunakan jalur politik agar DPR RI mau memperjuangkan ke pemerintah pusat untuk mencabut regulasi itu, sehingga menjadi pelabuhan non komersil,” kata Mahdi.(*)


Topik

Peristiwa DPRD-Jawa-Timur Mahdi Pelabuhan-Ujung-Kamal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Suprayitno

Editor

Redaksi