Dr.Christine Indrawati, Kabid P2MK Dinkes Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Dr.Christine Indrawati, Kabid P2MK Dinkes Kabupaten Blitar.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, untuk tahun ini sampai dengan bulan Maret dan  April 2016  ada penambahan 29 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Blitar.

Kepala Bidang P2MK Dinkes Kabupaten Blitar Dr.Christine Indrawati mengatakan, dari 29 kasus tambahan itu, dua orang dewasa penderita HIV/AIDS diketahui meninggal dunia dibulan April ini.

“Saat ditemukan, penderita yang meningggal itu ternyata sudah lama menderita HIV/AIDS yang cukup parah sehingga kekebalan tubuh mereka turun drastis dan mengakibatkan mereka meninggal dunia ,” kata Christine, Sabtu (30/4/2016).

Lanjut Christine, untuk penderita yang sampai saat ini masih bertahan semuanya dirawat pihak keluarga dan tidak ada yang mendapat perawatan di rumah sakit. saat ini pihaknya terus memastikan jika semua penderita mendapatkan ARV.

“Meski tidak ada yang dirawat di RS semua penderita HIV AIDS mendapat obat atau ARV secara rutin dari petugas puskesmas setempat atau dari kami, Dinkes Kabupaten Blitar,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada awal tahun ini pada Bulan Januari dan Februari ada 21 kasus HIV/AIDS dengan tiga orang penderita meninggal dunia.  Dengan tambahan di Bulan Maret dan April ada 29 kasus total untuk awal tahun ini di Kabupaten Blitar ada 50 kasusbaru HIV/AIDS.

“ Jadi total korban HIV/AIDS yang meninggal sepanjang tahun ini ada 5 orang,” tutup Dr.Christine Indrawati. (*)