Pemkab Blitar Rencakanakan Bangun RS Baru di Srengat

Ilustrasi Rumah Sakit.(Foto : Ifobanua.co.id)
Ilustrasi Rumah Sakit.(Foto : Ifobanua.co.id)

JATIMTIMES, BLITAR – Luasnya wilayah Kabupaten Blitar membuat tidak semua warganya bisa menikmati fasilitas kesehatan terbaik. Utamanya warga di daerah Kabupaten Blitar sebelah barat, seperti Srengat, Udanawu, Ponggok, dan Wonodado.

Ini karena Pemkab Blitar sampai sekarang baru memiliki satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang terletak di Kecamatan Wlingi, atau wilayah Blitar bagian timur.

Untuk itu, dalam beberapa tahun kedepan Pemkab Blitar berencana  membangun RSUD tipe D di Kabupaten Blitar bagian barat, yakni di Kecamatan Srengat.

Handono, Kepala seksi (Kasi) Kesehatan, Rujukan, dan Khusus, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengatakan, saat ini persiapan terus dilakukan. Termasuk melakukan koordinasi lintas sektor, terkait rencana itu.

"Dipastikan RS akan didirikan di Srengat, dilahan milik Pemkab seluas 2,5 hektar sebelah barat kantor Dishubkominfo,” ungkap Handono, Minggu (1/5/2016).

Dengan dibangunnya RS di Srengat, diharapkan warga Kabupaten Blitar barat lebih dekat dengan fasilitas kesehatan. Dan tidak perlu ke RSUD milik daerah lain jika terjadi kedaruratan yang membutuhkan penanganan.

"Selama ini warga di Blitar barat lebih banyak yang ke RS milik kota Blitar, bahkan harus ke Tulungagung, karena dirasa lebih dekat jika memerlukan penanganan darurat,” jelasnya.

Lanjut Handono, meski sudah memulai proses pengkajian pembangunan RSUD , untuk mendirikan RS dibutuhkan proses yang cukup lama, bahkan bisa sampai sepuluh atau lima belas tahun kedepan.

"Harus dilakukan dengan perencanaan yang matang," pungkasnya. (*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor :
Publisher : Rizki Agata
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top