Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Indonesia Bangkit

ISNU Sumenep Berharap Harkitnas Tak Hanya Sebatas Simbol

Penulis : Busri Toha - Editor : Redaksi

20 - May - 2016, 18:05

Placeholder
Achmad Junaidi (Foto dok SumenepTIMES)

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diharapkan bukan hanya kegiatan seremonial dan menjadi simbol semata. Namun, harus mampu menjadi mindset bangsa sehingga dapat meningkatkan derajat Bangsa Indonesia.

”Harkitnas bukan sebatas kegiatan seremonial. Tetapi, harus menjadi semangat baru dan menjadi keuatan untuk membangun mindset sehingga derajat bangsa Indonesia semakin tinggi,” tegas Pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Junaidi, Jumat, (20/5/2016).

Menurut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Malang ini, Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Namun, tidak sedikit dari bangsa Indonesia yang belum mengetahui sejarah penting tersebut.

”Mengapa banyak yang tidak tahu?, iya karena masih belum menjadi mindset di masyarakat. Hanya menjadi kegiatan seremonial berupa upacara. Makanya, menjadi penting diberikan pemahaman bersama terutama kepada generasi muda,” tegasnya.  

Pada tahun 2016 ini, bangsa Indonesia memperingati Harkitnas ke 108. Dalam sejarahnya, Kebangkitan nasional dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

”Ini menjadi tada awal bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan RI,” imbuhnya.

Munculnya gerakan untuk mendirikan negara di dalam negara, seperti ajakan untuk mendirikan khilafah, lanjutnya, karena kurang memahami makna dari Harkitnas itu sendiri.

”NKRI harga mati. NKRI sudah final. Momentum Harkitnas ini, ayo kita bangkitkan rasa persaudaraan, persatuan bangsa untuk mengusir pemikiran negatif. Kita harus optimis bahwa Bangsa Indonesia akan terus maju,” tegasnya. (*)


Topik

Peristiwa Indonesia-Bangkit hari-kebangkitan-nasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Busri Toha

Editor

Redaksi