Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Desa Banjar Banyuwangi Gelar Festival 4444 Sego Lemeng

Penulis : Widie Nurmahmudy - Editor : Heryanto

21 - Aug - 2016, 06:47

Placeholder
Sego Lemeng asal Desa Banjar Banyuwangi (Foto : Widie Nurmahmudy/BanyuwangiTIMES)

Untuk pertama kalinya, Desa Banjar Kecamatan Licin menggelar Festival 4444 Sego Lemeng. Sego Lemeng merupakan nasi yang dibungkus daun pisang, kemudian dibentuk lonjong seperti lontong.

Di dalam nasi tersebut sudah diisi dengan beberapa lauk seperti tempe kering, jamur, ikan laut dan sambel kecombrang. Uniknya, tidak dimasak atau direbus layaknya lontong, melainkan dibakar, setelah sebelumnya dimasukkan di dalam selongsongan bambu.

Menurut Kades Banjar, Nur Hariri jika sego lemeng atau nasi yang dibungkus daun pisan lalu dimasukkan dalam bambu dan dibakar ini merupakan budaya warisan leluhur. Semasa Belanda menjajah, nasi lemeng menjadi bekal utama para gerilyawan yang berjuang atas penjajah.

"Sejak zaman penjajah hingga sekarang, sego lemeng masih ada di Banjar. Sego lemeng merupakan nasi yang biasanya jadi bekal masyarakat ketika bekerja di kebun, saat ini kami akan kembangkan kearifan lokal ini agar masyarakat juga tahu." katanya kepada BanyuwangiTIMES.

Atas dasar 'nguri-nguri' atau menghidupkan kembali budaya lokal, yaitu sego lemeng, seluruh warga desa Banjar membawa 4444 nasi bakar bambu tersebut ke balai desa untuk diikut sertakan dalam kegiatan Agustusan supaya bisa dinikmati bersama oleh masyarakat yang hadir.

Nur Hariri mengaku, jika sego lemeng tidak hanya bisa dinikmati warga Banjar saja. Pasalnya, sudah banyak masyarakat dari luar Banjar yang memesan untuk kegiatan-kegiatan umum, baik kelompok masyarakat, lembaga pemerintah dan swasta.

"Kalau satu porsi komplit, harganya Rp 15.000." tuturnya.

Sementara itu, Camat Licin. Moh. Luthfi mengungkapkan kebanggaannya atas keguyuban warga Banjar yang secara swadaya mengikuti festival 4444 sego lemeng.

Dirinya berharap, dengan animo yang sangat tinggi dari masyarakat tersebut. Tahun 2017 mendatang telah mengagendakan festival 10.000 sego lemeng.

"Kami yakin, dengan antusias masyarakat yang begitu tinggi seperti hari ini tahun depan akan kami jadwalkan festival 10.000 Sego Lemeng." Tegasnya.


Topik

Peristiwa Desa-Banjar Banyuwangi Festival-4444 Sego-Lemeng



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Widie Nurmahmudy

Editor

Heryanto