Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Pekan Budaya Indonesia

Kerajaan Singosari, Ruh Kejayaan Malang

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Sep - 2016, 19:56

Placeholder
Adegan drama kolosal Babad Tanah Singosari dalam Pekan Budaya Indonesia di Pendopo Kabupaten Malang (Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pembukaan Pekan Budaya Indonesia di Pendopo Kabupaten Malang seolah mempertegas kejayaan kerajaan Singosari.

Drama kolosal sejarah Kerajaan Singosari itu menjadi pembuka acara yang digelar Jumat petang (2/9/2016). Dibuka dengan adegan perkelahian antar kerajaan, Babad Tanah Singosari menceritakan kelahiran Ken Arok hingga menjadi raja agung.

Ken Arok diceritakan berupaya sekuat tenaga untuk mewujudkan impiannya menjadi raja. Ia akhirnya berhasil mewujudkan ambisinya dan sejarah mencatatnya sebagai pendiri dinasti baru, Rajasa. 

Kerajaan Singosari muncul dipermukaan pada awal abad ke-13 di lembah Sungai Brantas sekitar Kota Malang. Saat itu wilayah Kerajaan Singosari tidak hanya meliputi sebagian besar Jawa, tetapi juga Semenanjung Sumatera. 

Pembukaan Pekan Budaya Indonesia di Pendopo Kabupaten Malang Jalan Agus Salim nomor 7 Kota Malang itu dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya Menteri Pendidikan Prof. Muhadjir, Bupati Malang Rendra Kresna, Walikota Malang HM Anton dan Ketua Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam. (*)


Topik

Peristiwa Pekan-Budaya-Indonesia Babad-Tanah-Singosari



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni