Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

MUI Jombang Imbau Masyarakat Tak Rayakan Valentine Besok

Penulis : Syamsul Arifin - Editor : Heryanto

13 - Feb - 2017, 18:47

Placeholder
Ketua MUI Jombang KH Kholil Dahlan. (Foto : A Syamsul Arifin/JombangTIMES)

Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Jombang KH  Kholil Dahlan mengimbau agar masyarakat di Kota Santri ini tak merayakan hari valentine yang jatuh pada Selasa (14/2/2017) besok. 

Ia juga meminta sejumlah lembaga pendidikan di Jombang juga terlibat dalam memberikan pemahaman kepada pelajar supaya tidak merayakan valentine. 

"Termasuk sekolah dan pemerintah daerah, menyoroti semarak perayaan valentine day di kalangan generasi muda saat ini, khususnya Jombang," katanya di Jombang Senin (13/2/2017). 

Ia memaparkan bahwa perayaan hari valentine bukan budaya Indonesia, apalagi umat Islam. Bahkan tak jarang, ungkapnya, kebiasaan masyarakat terutama kaum muda merayakannya dengan hal-hal yang dilarang agama. 

"Karena mayoritas anak muda merayakan valentine dengan kegiatan seperti liburan bareng, kejutan di villa, nonton bareng dan sampai berduaan di tempat sepi dan ini jelas menyimpang serta berbahaya," papar Kiai Dahlan. 

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang ini kemudian menelaah dari sisi hukum agama Islam.

Budaya perayaan valentine yang cenderung melanggar norma agama, menurutnya menjadi sebab ketidakbolehan merayakan hari valentine, bahkan haram.

“Segala perbuatan yang mengarah pada sesuatu yang diharamkan, hukumnya tetap haram. Seperti zina, mendekati zina saja kita dilarang. Apalagi melakukannya. Begitu juga dengan valentine yang termasuk perbuatan mendekati zina,” jelasnya.

Karenanya, lanjut dia, MUI pusat sudah mengeluarkan fatwa keharaman perayaan valentine ini.

"Secara pandangan keagamaannya bahwa perayaan hari yang jatuh pada 14 Februari setiap tahunnya tidak perlu dirayakan. Bahkan MUI pusat pun sudah mengeluarkan fatwa haram untuk memperingati hari tersebut," pungkasnya. (*) 


Topik

Peristiwa mui-jombang hari-valentine



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syamsul Arifin

Editor

Heryanto