Panitia Dies Natalis Siskom menunjukkan karya inovasi mahasiswa yang dipamerkan.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Panitia Dies Natalis Siskom menunjukkan karya inovasi mahasiswa yang dipamerkan.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar memamerkan puluhan karya inovasi buatan mahasiswa sistem komputer (siskom) di kampus 1 Jalan Mojopahit Kota Blitar (11/3/2017).

Pameran tersebut terkait peringatan Dies Natalis Ke-9 Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Siskom.

Karya inovasi itu kebanyakan adalah karya baru mahasiswa yang merupakan hasil dari skripsi. Misalnya penghemat keran wudhu otomatis karya Fery Sidiq Setyohadi. “Penghemat air rancangannya memakai mikrokontroler dan bisa mengalirkan air secara otomatis,” kata Putra Pratama, humas panitia Dies Natalis Himaprodi Siskom.

Hasil inovasi mahasiswa adalah alat pengontrol suhu jamur tiram karya Kikomi Magdalena. “Alat ini bekerja secara otomatis  untuk menstabilkan suhu. Alat ini mampu memenuhi keinginan suhu yang diinginkan jamur tiram untuk tumbuh,” ungkap Putra, mahasiswa Siskom Unisba Blitar semester 4.

Alat ini memiliki fungsi mengontrol penyiraman dan pemupukan. Tanpa disuruh, alat ini bisa menyiram dan memupuk jamur tiram secara otomatis dengan menyesuaikan suhu.

“Apabila suhu panas dan jamur tiram membutuhkan air, alat itu akan menyiramkan air dengan sendirinya. Begitu pula apabila jamur membutuhkan pupuk, akan menyemprotkan pupuk dengan sendirinya. Ini sangat memudahkan petani jamur,” paparnya.

Sementara itu, Kaprodi Siskom Indyah Hartami Santi mengatakan, pameran ini bisa memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa lainnya. “Karya ini tentunya akan sangat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan semoga inovasi ini memberikan inspirasi dan ke depan muncul karya yang tak kalah dan lebih hebat,” tandasnya.(*)