Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lautan Manusia Penuhi Kirap Ketupat Warga Temuguruh Banyuwangi

Penulis : Hakim Said - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

02 - Jul - 2017, 09:14

Placeholder
Suasana Kirab Ketupat di Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi yang dipenuhi lautan manusia

Lautan manusia tampak berkumpul di jalan raya Temuguruh-Genteng, tepatnya didepan Pendopo Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu.  Mereka ingin menyaksikan ‘Kirap Ketupat’ yang merupakan agenda tahunan setiap H+7 lebaran idhu fitri di desa tersebut.

Dari arah timur, terlihat ribuan warga berjalan berdesakan. Antrean panjang kendaraan roda dua maupun roa empat dari arah berlawanan tak terelakkan lagi. Riuhnya suara teriakan dari kerumunan warga menggema memenuhi arena keramaian.

Petugas Kepolisian Sektor Sempu dan Linmas tampak disibukkan dengan urusan mengatur arus manusia dan kendaraan. Warga yang datangnya dari arah timur digiring masuk pendopo desa, selanjutnya dalam hitungan menit mereka keluar menuju arah barat pendopo desa.

Di hari raya H+7 ini sungguh membuat suasana Pendopo Desa Temuguruh menjadi ramai luar biasa. Hari Raya H+7 yang lebih dikenal dengan Hari Raya Ketupat itu oleh warga Desa Temuguruh benar-benar dirayakan dengan meriah. Bahkan setiap warga Rukun Tetangga (RT) dikerahkan untuk mengikuti konvoi atau arak-arakan Ketupat. Ribuan Ketupat dipikul berkeliling sambil diiringi musik yang membuat irama berjoget. Sesampainya didepan pendopo desa, pasukan pembawa ketupat beratraksi dengan cara berputar-putar bersama Ketupat yang dipikulnya.

Sempat terjadi insiden dalam kirap tersebut. Tumpukan ketupat yang diarak keliling terlihat ambrol hingga menimpa warga yang memikulnya.

Namun kejadian itu justru mengundang gelak tawa ribuan warga yang menonton. Antara bercampur kaget serta panik karena ada warga yang tertimpa gundukan ketupat, tetapi disatu sisi mereka juga terlihat lucu dengan pose seperti itu.

Camat Sempu, Drs. Akhmad Kholid Askandar kepada media ini menyatakan apresiasinya atas kegiatan warga Desa Temuguruh tersebut.

“Ini merupakan agenda tahunan yang digelar warga Desa Temuguruh. Kami selaku camat tentu memberikan dukungan mengingat nilai positifnya bisa dirasakan oleh warga. Selain itu, kami berharap agenda tahunan ini nantinya bisa dilirik oleh Pemkab Banyuwangi dan dimasukkan dalam agenda Kabupaten,” ujar Kholid Askandar yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Gambiran ini, Sabtu (1/7/17).


Topik

Peristiwa Kirap-Ketupat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hakim Said

Editor

Moch. R. Abdul Fatah