Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

4 Kru Maskapai Penerbangan Dites Urine BNN Kabupaten Malang

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

11 - Jul - 2017, 21:06

Placeholder
Tes urine yang dilakukan BNN Kabupaten Malang kepada 24 kru maskapai penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, Malang, Selasa (11/07). (BNN for MalangTIMES)

Pencegahan dini penyalahgunaan narkotika melalui deteksi awal dengan metode tes urine terhadap kru maskapai penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Selasa (11/07) oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang disambut positif pihak bandara.

Empat kru maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air, baik pilot, kopilot, pramugari dan petugas ground handling sejumlah 24 orang secara bergantian dites urine oleh BNN Kabupaten Malang.

Menurut Kepala BNN Kabupaten Malang AKBP I Made Arjana yang terjun langsung di lapangan, tes urine kepada kru maskapai penerbang tersebut merupakan program rutin sekaligus sebagai kegiatan dalam memperingati Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) 2017.

"Tentunya juga sebagai pengawasan kepada kru penerbangan dalam permasalahan narkotika. Dari berbagai media massa setiap tahunnya terjadi penyalahgunaan narkotika oleh kru penerbangan," kata Made Arjana, Selasa (11/07) kepada Malang TIMES melalui saluran telepon.

Telah menjadi rahasia umum, pengalahgunaan narkotika oleh kru penerbangan, baik sedang bertugas maupun tidak, telah menghias berbagai media massa. Contoh kecil, di pertengahan tahun 2011, pilot Lion Air bernama Muhammad Nasri tertangkap basah tengah berpesta sabu bersama rekannya yang merupakan kopilot, Husni Thamrin dan Imron. 

Ketiganya dibekuk di Apartemen The Colour, Modernland, Kota Tangerang, atas kepemilikan dan penggunaan narkotika jenis sabu dan 4 butir ekstasi. Di persidangan, Nasri mengaku sering mengonsumsi narkotika saat melaksanakan tugas di udara. 

Perilaku penyalahgunaan narkotika oleh kru maskapai penerbangan yang membahayakan penumpang ini setiap tahunnya terus bertambah di berbagai maskapai penerbangan besar di tanah air. 

Hal ini menjadi lampu merah bagi para penegak hukum untuk terus mendeteksi dan menangkap para oknum pilot, kopilot, pramugari dan lainnya di dunia penerbangan ini.

"Merujuk berbagai kasus inilah kita bergerak melakukan tes urine sebagai screening kepada kru maskapai penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh ini," ujar Made Arjana.

Dari hasil pemeriksaan terhadap sampel urine 24 kru tersebut, tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba atau negatif.  Hasil ini tentunya cukup menggembirakan bagi BNN Kabupaten Malang maupun pihak bandara yang mendampingi saat tes urine, yaitu Kadis Ops Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh Kolonel Penerbangan Tiopan dan Kepala UPT Suharno beserta staf bandara.

"Selain mengapresiasi kegiatan tes urine  oleh BNN, kita juga patut juga berbangga pada kru penerbangan yang beraih dari narkoba," ujar Tiopan. (*)


Topik

Peristiwa Kru-Maskapai-Penerbangan tes-Urine BNN-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus