Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gunung Lemongan Terbakar Lagi, 50 Hektar Padang Ilalang Dan Semak Belukar Hangus

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

18 - Sep - 2017, 08:57

Placeholder
Setiap musim kemarau selalu terjadi kebakaran hutan Gunung Lemongan, Ini kebakaran yang terjadi sebelumnya. (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

 Pada minggu sore (17/9) terjadi kebakaran lagi di Gunung Lemongan. Lokasi berada pada Kawasan Hutan Lindung Petak 12 RPH Ranupakis BKPH Klakah SKPH Lumajang KPH Probolinggo tepatnya di Blok utara G. Lemongan, G. Klerker di timur G. Labeng.

Menurut Koordinator Laskae Hujai A’ak Abdullah Al Kudus, lokasi yg terbakar berupa semak dan ilalang bukan tegakan kayu rimba kehutanan. Wilayahnya masuk desa alun-alun dan Sumber Petung kecamatan Ranuyoso.

Kebakaran ini diketahui oleh relawan Laskar Hijau sekitar jam 17.30 dan saat itu juga dilakukan upaya pemadaman. Namun karena medan yang sulit dan hari mulai gelap, usaha pemadaman mengalami kesulitan.

“Laskar Hijau minta bantuan ke BPBD Lumajang, Polres Lumajang, Kodim 0821 dan Perhutani.  Dan sekitar pukul 21.00 WIB Unit pemadam kebakaran dari BPBD mulai datang kelokasi dibantu oleh Polres, Kodim 0821 Lumajang,” kata Aak kemudian.

Walau demikian, tidak banyak yang bisa dilakukan karena sulitnya medan dilokasi yang mengalami kebakaran. Beruntung, semalam kabut tebal menelimuti lereng Gunung Lemongan, yang diharapkan dapat mengurangi meluaskan kebakaran.

"Insyaallah api bisa terpadamkan oleh kabut tebal ini. Karena kita gak mungkin bisa melakukan pemadaman kecuali menggunakan pemadakam dari udara atau menggunakan helikopter,” jelas Aak lagi.

Kabar terakhir menyebutkan, pagi ini api sudah padam dan cuaca di Gunung Lemongan masih agak mendung, dan separuh badan gunung masih tertutup kabut. Kendati demikian sekitar 50 hektar padang ilalang dan semak belukar habis dilalap api.


Topik

Peristiwa Gunung-Lemongan-Terbakar kebakaran-hutan Lumajang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto