Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Sentuhan Futuristik DPKPCK, Command Center Kabupaten Malang Setara di Seoul

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

26 - Sep - 2017, 10:11

Placeholder
Dede Nana Caption Desain Interior gaya minimalis futuristik di ruangan Command Centre Kabupaten Malang hasil kreasi Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya di bawah komando Wahyu Hidayat

Pembangunan Command Center yang dipusatkan di lantai 9 gedung Sekretariat Pemkab Malang, Kepanjen, semakin utuh dengan sentuhan tangan Dinas Perumahaan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK). Sentuhan seni bernuansa minimalis futuristik ruangan Command Center yang nantinya difungsikan sebagai ruang teleconference dan layanan kepada masyarakat secara digital ini semakin menambah kecantikan yang efisien dalam ruangan tersebut.

Wahyu Hidayat, kepala DPKPCK Kabupaten Malang, sebagai komandan dalam memperelok interior ruangan secara langsung mengawasi proses penyelesaian pekerjaan tersebut. "Target penyelesaian interior ruangan serta diluncurkannya Command Center sudah dipastikan oleh Bapak Bupati (Dr H Rendra Kresna). Yaitu tahun ini," ujar dia kepada MalangTIMES, Selasa (26/09).

Ruangan Command Center yang pernah diuji coba langsung oleh Bupati Rendra pada 7 April 2017 saat berkomunikasi dengan seluruh kepala OPD dan 33 camat itu rencananya akan diluncurkan sekitar November 2017. Tentunya, dengan target tersebut, DPKPCK harus dipacu dalam penyelesaian interiornya. "Oktober tahun ini bisa diselesaikan interiornya," kata Wahyu.

Pemilihan gaya minimalis futuristik oleh DPKPCK ini, selain mempercantik ruangan yang nantinya akan menjadi pusat komando pemerintahan, juga didasari spirit teknologi. Yaitu terlihat ringan serta lapang tapi memiliki karakter kuat bagi siapa pun yang melihatnya.

Ibaratnya, kata Wahyu, ruangan Command Center nantinya serupa desain futuristik pesawat luar angkasa. Tidak dipenuhi dengan berbagai pernak-pernik barang, tapi efisien dan efektif secara desain. "Jadi, nantinya karyawan di sini akan merasakan nuansa bekerja yang padu dengan teknologi," ucap dia.

 

Kadis PKPCK Kabupaten Malang saat meninjau ruangan Command Centre Kabupaten Malang (Nana)

Bangunan yang didanai sekitar Rp 2,5 miliar dari anggaran daerah Kabupaten Malang tahun 2016 itu diharapkan menjadi ruang yang nyaman untuk bekerja. Menjadi bagian dalam mempercepat hubungan komunikasi antar-pemangku kepentingan dan masyarakat.

Kenyamanan ruangan dan interiornya tentu menjadi hal penting nantinya bagi siapa pun yang ditugaskan di Command Center ini. Pasalnya, masih menurut Wahyu, perpaduan suasana ruangan tempat kerja dengan tugas yang dijalankan yang tepat akan menciptakan energi positif bagi orang yang ada di dalamnya.

"Kami berharap dengan pelibatan DPKPCK dalam interior ruangan di sini bisa menjadi bagian untuk menyukseskan fungsi Command Center," ucap Wahyu yang juga mencontohkan Command Center Kota Seoul, ibu kota Korea Selatan, yang sukses memberikan pelayanan cepat dan efisien kepada masyarakat terkait permasalahan kota secara 24 jam.

Kesuksesan ini juga mulai dirasakan oleh warga Bandung dengan adanya command center dengan desaian ruangnya mirip kokpit pesawat Star Trex. 
"Karena dekorasi interior ruangan sekali lagi bisa memberi efek psikologi bagi mereka yang ada di dalamnya,"pungkas Wahyu.(*)

 


Topik

Tekno Sentuhan-Futuristik Command-Center Pemkab-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus