Hujan Deras Lima Jam, Tanah Logsor dan Banjir Serang Batu

Salah satu kejadian banjir di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo terjadi pukul 15.00 (Foto: Pudalops PB BPBD Kota Batu for BatuTIMES)
Salah satu kejadian banjir di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo terjadi pukul 15.00 (Foto: Pudalops PB BPBD Kota Batu for BatuTIMES)

JATIMTIMES, KOTA BATU – Hujan deras yang terjadi di Kota Batu selama lima jam mengakibatkan beberapa bencana di beberapa desa, Sabtu (18/11/2017). Yakni di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu dan Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo.

Seperti tanah longsor pukul 15.10 WIB tepatnya di Jalan Wukir Gang 10 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Hujan deras menyebabkan tebing setinggi lima meter longsor menimpa rumah Waini. Kemudian lumpur mengalir ke jalan raya setinggi 10 cm dan membahayakan pengguna jalan raya khususnya kendaraan roda dua.

Adanya kejadian tersebut, tim BPBD Kota Batu, Garda Relawan, perangkat desa dan warga sekitar langsung bertindak dengan membuat saluran air dan pembersihan material lumpur.

Kemudian kejadian banjir pukul 15.00 WIB di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. Penyebabnya saat hujan deras mengakibatkan gorong-gorong tidak mampu memuat luapan air. Sehingga luapan air meluber ke perumahan dan pertanian warga. Akibatnya satu musala dan tiga rumah warga tergenang air.

Kemudian area pertanian tanaman salad, jagung, bawang merah milik warga dengan luas kurang lebih 800 meter persegi rusak terendam air. Tim BPBD Kota Batu, Garda Relawan, perangkat desa dan warga sekitar melakukan penyekatan luberan air dengan karung yang berisi pasir.

Di tempat lain terjadi bencana banjir, tepatnya pukul 15.00-19.30 WIB lokasinya di Jalan Wilis Gg.V RT 06 RW 08, Kelurahan Sisir Kecamatan Batu. Kronologinya, hujan deras yang terjadi membuat luapan air hingga 50 centimeter. Yang berimbas empat rumah tergenang air.

Kemudian tim BPBD Kota Batu, Garda Relawan, perangkat desa dan warga sekitar membuat dan pembersihan saluran air yang tersumbat sampah.

Ismu Buana Supervisor Pusdalops PB BPBD Batu mengatakan dalam kurun waktu lima jam ada tiga kejadian bencana. Mengetahui informasi dari warga sekitar tim BPBD Kota Batu langsung menuju lokasi untuk membantu masalah tersebut.

BPBD Kota Batu mengimbau kepada warga Kota Batu, jika terdapat bencana bisa langsung informasikan melalui RT/RW atau pihak desa. “Kalau ada musibah bisa diinformasikan kepada RT/RW atau desa setempat atau langsung menghubungi BPBD Kota Batu, nanti kita pasti akan datang ke lokasi,” ungkap Ismu.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top