Lima Fakta Menarik tentang Malang yang Wajib Diketahui

Fakta menarik tentang Malang yang wajib diketahui masyarakat.
Fakta menarik tentang Malang yang wajib diketahui masyarakat.

JATIMTIMES, MALANG – Mendengar kata Malang, masyarakat mungkin  membayangkan sebuah daerah yang terkenal banyak kampus, Aremania, dan wisata. Bukan itu saja. Malang juga dikenal sebagai sebuah kota yang indah. Juga kota yanga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Ada beberapa fakta menarik tentang Malang yang membuat Anda harus mengunjungi dan berlibur ke Malang. Apa saja?

Punya Puluhan Perguruan Tinggi

Puluhan perguruan tinggi menjamur di Kota Malang. Data 2016 menyebut Kota Malang memiliki 86 perguruan tinggi. Tak heran bila Malang disandingkan dengan Jogjakarta. Keduanya sama-sama mendapatkan julukan Kota Pelajar. Dengan banyaknya perguruan tinggi negeri maupun swasta,  Malang menjadi jujugan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Bertabur Tempat Kuliner Enak

Fakta menarik lainnya dari Malang  memiliki sederet kuliner lezat. Mukai bakso Malangan, rawon, pecel Kawi, orem-orem, tahu telur hingga bakso President. Tak heran Malang kerap diserbu para media visual mengupas tentang beragam jenis kuliner yang ada di Malang.

Disegani karena Arema

Malang memiliki klub sepak bola tangguh dan kebanggaan masyarakat,  yaitu Arema. Saking bangganya, Malang pernah didapuk sebagai suporter bola terbaik se-Asia Tenggara. Itu karena masyarakatnya jadi fans Aremania yang setia, loyal, dan solid mendukung klub Arema.

Aremania merupakan sebutan khusus untuk pendukung salah satu tim sepak bola di Malang dan sangat kondang. Terkenal karena anggotanya berasal dari berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa.

Unik dengan Bahasa Walikan

Bahasa walikan Malang ini sudah menjadi bahasa khas asli warga Malana. Bahasa  ini hanya membalikkan posisi huruf pada kosakata bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia pada umumnya. Kecuali pada konsonan rangkap dan gabungan suku kata yang tidak memungkinkan bisa dibalik.

Misalkaan arek Malang dibaca kera Ngalam, bakso dibaca oskab, selamat dibaca tamales, dan orang malang dibaca gnaro ngalam.

Bahasa itulah yang sudah melekat dan menjadi identitas asli dari masyarakat Malang ketika melakukan obrolan dengan sesama warga Malang.

Swiss-nya Jawa

Malang dijuluki Zwiserland van Java. Pasalnya,  wilayah Malang tidak hanya dikelilingi pegunungan seperti Gunung Kawi, Gunung Arjuno, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru  sehingga menjadikan Malang sebagai salah satu daerah yang memiliki pemandangan indah layaknya Swiss di Eropa.

TMalang juga memiliki pantai-pantai yang indah di Malang Selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantainya sangat indah dan kerab dijadikan jujugan liburan wisatawan, di antaranya Pantai Ungapan, Tiga Warna, Goa Cina, Nganteb, Bajul Mati, Balekambang, Sendangbiru.

Selain memiliki banyak pantai dan keindahan pegunungan, Malang juga disebut sebagai Kota Bunga atau Parijs van Oost Java.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top