Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kenalkan Mahasiswa dengan Pajak Daerah, BP2D Kota Malang Lakukan Ini 

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Dec - 2017, 19:15

Placeholder
Kepala BP2D Kota Malang saat akan menyerahkan hadiah Lomba Selfie Instagram Sadar Pajak di Unikama, siang ini. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Soal edukasi perpajakan daerah, Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang punya jurus menarik. Para mahasiswa diajak mengenal pajak dengan rangkaian pergelaran musik, tari hingga stand up comedy. 

Seperti siang ini (5/12/2017) ratusan mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) tampak antusias mengikuti gelaran Tax Goes to Campus yang diselenggarakan BP2D Kota Malang. Ajang tersebut menampilkan sajian tari dari Kalimantan, stand up comedy dari komika Wawan Saktiawan, juga perform musik dari Sam Anto Baret dan D'Kross. 

Tak hanya fokus menjalankan tugas sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) pemungut pajak, BP2D Kota Malang tetap tidak mengesampingkan salah satu fungsi pokoknya. Yakni mengedukasi masyarakat tentang perpajakan daerah.

"Tax Goes to Campus ini merupakan rangkaian kegiatan Sosialisasi Gerakan Sadar Pajak dan Anti Korupsi Pajak," ujar Kepala BP2D Kota Malang Ade Herawanto. 

Bukan tanpa alasan jika BP2D menyasar civitas akademika dalam program Sadar Pajak. Sebab, menurutnya civitas akademika juga terlibat langsung dalam aktivitas perpajakan di Kota Malang. "Misalnya saja, mahasiswa bayar pajak kost serta bayar pajak saat makan dan minum di cafe atau restoran," beber Ade. 

Begitu juga warga kampus lainnya, mulai dari karyawan hingga para dosen. Saat menikmati hiburan seperti konser, mereka otomatis juga memberi sumbangsih pajak hiburan dan jika bepergian turut membayar pajak parkir. Sebagai warga Kota Malang, mereka juga bayar PBB dan juga jenis pajak lainnya.

"Selain itu, nantinya para mahasiswa itu juga akan menjadi wajib pajak aktif saat sudah lepas dari kehidupan kampus. Ini merupakan bentuk investasi pemerintah ke depan," terang mantan Kabag Humas Setda Kota Malang itu. 

Karena itu, selain bisa mendapatkan berbagai informasi soal aktivitas perpajakan daerah dalam diskusi dan tanya jawab, para peserta dan pengunjung pada kesempatan tersebut juga bisa membayar kewajiban pajak daerahnya di stand-stand BP2D Kota Malang.
Ini bukan kali pertama Tax Goes to Campus dihelat di lingkungan kampus. Setiap tahun, BP2D mengagendakan sosialisasi di kampus-kampus, baik negeri maupun swasta di Kota Malang.

Kegiatan ini juga diapresiasi Rektor Unikama Pieter Sahertian. "Ini program bagus, karena turut menyadarkan kalangan akademisi agar taat pajak serta memberikan edukasi terkait pajak daerah. Kami akan mendorong civitas akademika untuk turut aktif menyukseskan gerakan sadar pajak," tuturnya.

Bukan hanya itu, para mahasiswa juga mendapat banyak hadiah menarik dari lomba-lomba on the spot yang digelar. Misalnya lomba selfie Instagram ‘Sadar Pajak’. Persyaratannya pun cukup mudah, karena peserta tinggal mengunggah foto sesuai tema lomba ke akun Instagram dengan menyertakan caption semenarik mungkin dan tambahan tagar #TaxGoestoCampus.

Ada juga kuis-kuis berhadiah merchandise saat flash mob maupun saat sosialisasi pajak. Pengetahuan soal kewajiban perpajakan tampaknya sudah cukup dikuasai mahasiswa. Namun, masih ada yang belum sepenuhnya mengenal jenis-jenis pajak daerah.

Misalnya saja Imelda, salah satu mahasiswi yang salah menyebut pajak reklame menjadi pajak reklamasi. Otomatis, jawaban itu mengundang tawa dari penonton dan teman-temannya. 

Bukan hanya mendapatkan cenderamata, Imelda mendapat penjelasan lebih soal pajak reklame. "Iya, sempat salah menyebutkan tadi. Tapi jadi mengerti, kalau reklame di jalan itu tidak asal tempel. Tetapi ada pajaknya untuk daerah," ujar Imelda. 


Topik

Peristiwa malang berita-malang peristiwa-malang bpbd-kota-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Sri Kurnia Mahiruni