Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Capaian Lampaui Target, Tapi Tiga Kantor Pajak di Malang Raya Tak Catat Pertumbuhan

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

31 - Dec - 2017, 08:35

Placeholder
Kepala Kanwil DJP Jatim III Rudy Gunawan Bastari saat menguraikan capaian perolehan pajak pada awak media. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Meski disebut-sebut mengalami pertumbuhan ekonomi, tapi lesunya usaha skala besar di Malang Raya berimbas. Terutama pada penerimaan pajak negara. 

Dari enam kantor pajak Malang Raya yang masuk di area Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III, hanya tiga yang mencatatkan pertumbuhan pemasukan. Meski ke enam kantor tersebut mencapai target, tetapi tiga di antaranya menunjukkan grafik menurun.

Tiga kantor tersebut adalah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan. Dari target yang dipatok sebesar Rp 652 miliar, per 29 Desember 2017 telah mencapai Rp 689 miliar.

Meski melebihi target senilai Rp 37 miliar, tetapi angka pertumbuhan justru minus (-) 24,15 persen. Dibandingkan pada 2016 lalu, kantor tersebut menncatat pendapatan hingga Rp 900 miliar. 

Sementara di KPP Pratama Batu, angka pertumbuhannya tahun ini bergerak minus (-) 16,11 persen dibanding 2016 lalu yang merangkum pajak senilai Rp 136 miliar.

Pada 2017 ini, Batu mencatat penerimaan pajak Rp 114  miliar, atau lebih tinggi Rp 2 miliar dari target yang ditetapkan sebesar Rp 112 miliar. 

Untuk KPP Pratama Malang Utara, melampaui target senilai Rp 12 miliar. Daring angka yang ditetapkan Rp 509 miliar, kantor tersebut mengumpulkan pajak senilai Rp 521 milar. Akan tetapi grafik pertumbuhannya mengalami penurunan minus (-) 7,71 persen. Sebab pada 2016 lalu mencatat penerimaan hingga Rp 565 miliar. 

Di sisi lain, ada tiga kantor yang mencatatkan grafis kenaikan pertumbuhan capaian. Yakni KPP Pratama Kepanjen yang naik 36,56 persen dibanding 2016 lalu. Tahun ini, kantor tersebut mengumpulkan pajak hingga Rp 687 miliar dari target Rp 634 miliar. 

Juga KPP Madya Malang Utara yang naik 26,37 persen dengan mencatat penerimaan pajak senilai Rp 689 miliar. Dan KPP Pratama Singosari yang tumbuh 9,05 persen dengan nilai capaian Rp 552 miliar. 

Kepala Kanwil DJP Jatim III Rudy Gunawan Bastari mengungkapkan bahwa performa pajak di wilayah Malang Raya sudah cukup optimal meski tidak semua KPP mendapat capaian yang lebih tinggi dari tahun lalu. "Tahun lalu ada program tax amnesti yang ternyata cukup diminati di wilayah kanwil ini," ujar Rudy. 

"Tapi secara keseluruhan, Jatim III sudah melampaui target yang ditetapkan pusat," lanjutnya saat menemui awak media di kantor kanwil di Jalan Letjend S Parman, Malang. Dari 15 kantor pajak di karisidenan Malang Raya dan sekitar, tahun ini DJP Jatim III mengumpulkan pajak sebasar Rp 25,8 triliun. 

Angka tersebut mencapai 100,33 persen dari target pusat sebesar Rp 25,72 triliun. Dengan capaian tersebut DJP Jatim III mengaiami pertumbuhan penerimaan pajak sebesar 13,63 persen dari capaian tahun 2016.

Selain itu, jumlah wajib pajak (WP) bayar tahun 2017 sebanyak 92.279 orang/instansi. Angka itu juga mengalami pertumbuhan sebesar 32,41 persen dari 2016 lalu. Namun, jumlah tersebut tampaknya menunjukkan belum semua WP membayar pajak. Sebab jumlah WP terdaftar di tahun 2017 sebanyak 1.695.326 orang/instansi. 

Rudy menguraikan, pencapaian penerimaan pajak ini didukung oleh keberhasilan sembilan KPP yang capaiannya melebihi 100 persen dari target yang telah ditentukan oleh pusat.

Selain enam kantor di Malang Raya, tiga lainnya yakni KPP Pratama Situbondo, KPP Pratama Kediri, serta KPP Pratama Pasuruan. "Dari 15 KPP, sembilan yang overtarget, lainnya masih harus terus ditingkatkan performanya tahun depan," tegas Rudy. 


Topik

Peristiwa Kanwil-DJP-Jatim-III Rudy-Gunawan-Bastari lampaui-target kantor-pajak-malang Kantor-Pelayanan-Pajak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto