Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Barenlitbang Kota Malang Papar Rahasia Pentingnya Perjanjian Kinerja yang Baru Dituntaskan

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

15 - Jan - 2018, 20:55

Placeholder
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso saat memberi sambutan di kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)

Program Sosialisasi dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2018 telah dituntaskan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang.

Kegiatan bertema Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah itu hari ini (15/1/2018) digelar di Hotel Savana. 

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso menguraikan, penandatanganan perjanjian kinerja merupakan keharusan.

Hal tersebut merupakan bentuk pelaksanaan PermenPAN-RB nomor 53 tahun 2014 yang mengatur tentang petunjuk teknis perjanjian, pelaporan, hingga tatacara review kinerja instansi pemerintahan. 

"Penyusunan perjanjian kinerja harus diselesaikan paling lambat satu bulan setelah dokumen anggaran disahkan," ujar Erik.

Menurutnya, penyusunan perjanjian kinerja merupakan upaya lebih meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang berdaya guna, berhasil guna, dan bertanggung jawab. 

Perjanjian yang ditandatangani pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) dengan jajaran pimpinan Pemkot Malang itu juga bentuk pertanggungjawaban instansi pemerintah dalam perwujudan good government.

"Kegiatan ini melekat di Barenlitbang, yakni bidang pengendalian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)," terangnya. 

Erik memaparkan, tujuan pelaksanaan perjanjian kinerja tersebut untuk menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel. "Kalau sudah akuntabel, pemerintahan bisa beroperasi secara efisien, efektif, responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungan," paparnya.

Selain itu, pakta integritas yang ditandatangani juga merupakan bentuk janji dari masing-masing perangkat daerah. Sebab, diperlukan komitmen untuk mencapai target-target pembangunan daerah.

"Perjanjian kinerja ini juga mendorong kinerja instansi untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya," paparnya. 

Untuk diketahui, APBD Kota Malang 2018 sendiri telah didok atau ditetapkan pada Desember 2017 lalu. Pemerintah daerah dituntut untuk bisa melakukan penyerapan anggaran agar ada stimultan terhadap pergerakan perekonomian di masyarakat.

"Perjanjian kinerja yang dilakukan ini merupakan langkah awal agar OPD bisa cepat melaksanakan program," ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Moch Anton mengungkapkan bahwa di bawah koordinasi Barenlitbang Kota Malang, tahun ini penandatanganan perjanjian kinerja dilakukan serentak.

"Berbeda dengan tahun lalu, pakta integritas sekarang serentak. Rupanya ikut-ikut seperti pilkada, serentak juga," ujar Anton yang disambut tepuk tangan sekitar 300 staf OPD yang hadir.

Pakta integritas ini, lanjut Anton, merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun. Terutama anggaran baru di semester awal pemerintahan.

"Tentu jadi harapan bersama ada semacam penguatan kepercayaan masyarakat. Bahwa seluruh jajaran OPD Pemkot Malang telah siap menjalankan anggaran sesuai dengan aturan yang ditetapkan pusat," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Malang Moch Anton didampingi Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, serta Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto, memimpin langsung prosesi Sosialisasi dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2018, siang ini (15/1/2018) di Hotel Savana. Perjanjian diteken antara wali kota dengan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang. 


Topik

Peristiwa Barenlitbang Kota-Malang Pemkot-Malang Erik-Setyo-Santoso



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto