Cegah Difteri, Ratusan Pegawai Pemda Lakukan Imunisasi

Kabag Pemerintahan Dimyati saat melakukan imunisasi difteri (Foto: Heru Hartanto/ SitubondoTIMES)
Kabag Pemerintahan Dimyati saat melakukan imunisasi difteri (Foto: Heru Hartanto/ SitubondoTIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Untuk mencegah tertularnya difteri, sedikitnya ada 331 pegawai negeri sipil di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo mendapat imunisasi Difteri dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Panji, Jum'at (9/8/2018).

Pemberian imunisasi tersebut bertujuan untuk mencegah penularan penyakit Defteri yang dapat menyebabkan kematian.

"Difteri merupakan penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, kelumpuhan, gagal jantung hingga berujung pada kematian. Penyebarannya adalah melalui udara ketika penderita difteri batuk atau bersin. Vaksinasi difteri pada anak maupun orang dewasa berfungsi memicu timbulnya kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit tersebut," jelas Kepala Puskesmas Panji Bagus Sulaksono, M.Kes, MSi.

Bagus menjelaskan, vaksin untuk imunisasi difteri aman digunakan. "Bagi masyarakat yang belum mengikuti imunisasi ini, segera mendatangi pusat-pusat layanan kesehatan terdekat, karena imusisasi difteri sangat penting," ujarnya.

Lebih lanjut, Bagus mengatakan, pencegahan ini sangat penting, karena sifat penularan difteri sangat cepat berkembang. Misalnya, jika ada dua orang saja yang terserang difteri, maka bisa jadi ratusan orang yang ada disekitarnya bisa tertular.

"Untuk itu, Puskesmas Panji bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Situbondo memberikan imunisasi difteri kepada PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo," pungkasnya. (*)

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top