Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Peringati Hari Anak Nasional, Anak-Anak TK di Kota Batu Diajak Membuat Kreasi Unik Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

30 - Apr - 2018, 10:30

Placeholder
Salah satu peserta yang mengikuti lomba kategori finger print di pendopo Balai Kota Batu, Senin (30/4/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Peringati Hari Anak Nasional (HAN) pelajar taman kanak-kanak di Kota Batu diuji perkembangan motorik halusnya di pendopo Balai Kota Batu, Senin (30/4/2018).

Mereka diuji dengan berlomba membuat finger print di atas kertas. 

Finger printing adalah kegiatan melukis secara langsung dengan jari tangan di atas bidang gambar dengan cara mencelupkan bagian ujung jari tangan ke dalam cat air secara bebas.

Lalu mereka menyentuhkan ujung jari tersebut pada sebuah kertas dengan tekhnik stempel.

Dengan wajah tegang, mereka mulai menyelupkan jari mereka ke dalam cat air, yang kemudian disentuhkan ke kertas.

Gambar yang mereka bentuk dari car air itu pin beragam sesuai dengan imajinasi mereka.

Seperti halnya salah satu peserta Rifaldi Dwi Saputra, dari TK Mawar Indah, ia membuat gambar kapal selam.

Karena menurutnya dari gambar tersebut ia bisa melihat secara langsung dan menaikinya.

“Buat kapal selam, karena senang dengan kapal selam. Cita-cita saya kepingin naik dan melihat yang ada di dalam kapal selam,” ungkap Rifaldi usai mengikuti lomba.

Totalnya yang mengikuti kategori finger print ini ada 18 anak atau TK/RA. Mereka sebelumnya telah diseleksi terlebih dahulu di kecamatan masing-masing.

Ada beberapa kategori yang dilombakan dalam HAN 2018 oleh Dinas Pendidikan Kota Batu. Meliputi lomba finger print, menyanyi bersama, gerak dan lagu untuk anak-anak.

Sedangkan untuk gurunya ada kategori lomba senan irama gembira, mendongeng dan karya nyata.

“Karya nyata ini lebih pada mempresentasikan metode pembelajaran yang telah dilakukan guru tersebut saat belajar mengajar di sekolah masing-masing,” kata Kasi Paud, Bidang PNF Dinas Pendidikan Kota Batu Siti Chotipah.

Menurut Siti pemilihan perlombaan finget print itu salah satu upaya untuk memacu perkembangan motorik halus pada anak-anak.

“Melalui gambar dan warna bisa memacu perkembangan motorik, dengan imajinasi yang bebas,” imbuhnya.

Nantinya mereka yang telah mengikuti lomba tingkat kota ini dan menang akan mengikuti perlombaan ditingkat provinsi Jawa Timur. Perlombaan yang diikuti seluruh kategori yang dilombakan saat itu. 

Setelah terpilih siapa saja yang akan mengikuti perlombaan ditingkat provinsi, tentu Dinas Pendidikan akan memberikan pembinaan untuk mempersiapkan materi agar bisa meraih prestasi.

“Setelah ini kami akan mendampingi mereka  dengan memberikan pembinaan. Supaya materi yang diberikan nanti lebih matang saat lomba di provinsi. Sekaligus agar bisa membawa prestasi,” tutup Siti.


Topik

Pendidikan berita-batu-malang Peringati-Hari-Anak-Nasional lomba-kategori-finger-print anak-anak-tk-diajak-membuat-kreasi-unik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto