Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Pjs Bupati Jombang Gelar Tanam Perdana Tembakau Tahun 2018

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

11 - May - 2018, 13:07

Placeholder
Pjs Bupati Jombang Setiajit SH MM melakukan tanam perdana tembakau dengan didampingi Forkopimda Kabupaten Jombang. (Dokumentasi Bidang Kehumasan Diskominfo Kabupaten Jombang)

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang Setiajit SH MM melaksanakan tanam perdana tembakau tahun 2018 di Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Ini merupakan tahun kedua tanam perdana tembakau yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang.

Sebelumnya, tanam perdana tembakau tersebut sudah dilakukan pertama di Desa Bendungan, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, pada 2017 yang lalu. Pada acara tersebut, pjs bupati Jombang hadir secara langsung untuk melaksanakan tanam perdana tembakau dengan didampingi beberapa anggota forkopimda. "Tujuan agenda ini adalah meningkatkan komunikasi antara pemerintah, petani, serta stake holder lainnya," ujar Setiajit pada acara tersebut, Rabu (9/5).

Setiajit juga menyampaikan bahwa kemakmuran petani tembakau di Kabupaten Jombang akan mengalami peningkatan kesejahteraan. Hal ini disebutkan karena adanya peningkatan luas tanam dan juga cuaca yang sangat mendukung. Atas itulah, Setiajit berharap agar perusahaan-perusahaan tidak menurunkan harga beli tembakau ketika panen raya ke depan. "Saya harap ketika panen, harga beli dari perusahaan tidak diturunkan. Dan juga kepada petani agar tidak langsung menjual tembakaunya kepada para tengkulak yang dengan jelas-jelas sangat merugikan petani sendiri," imbuh Setiajit.

Sementara, sebelum dilakukannya tanam perdana tersebut, Setiajit terlebih dahulu menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jombang berupa pupuk kepada para gapoktan. Beberapa bantuan tersebut yakni NPK dan KNO3 (22.500 kg), mesin rajang (20 unit), pisau rajang (35 unit), terpal (45 lembar), timbangan duduk (20 unit), handsprayer elektrik (90 unit), cultivator (10 unit) dan pompa air (7 unit).

Bantuan yang diberikan secara langsung kepada petani ini sebagai bentuk hadirnya pemerintah daerah dalam meringankan beban para petani. “Negara Indonesia sangat perduli dengan para petani, oleh karena itu Pemerintah Daerah hadir dalam meringankan beban para petani, salah satu contohnya adalah dengan pemberian bantuan pupuk dan alsintan. Petani, dalam bercocok tanam menggunakan bibit apa pun, kalau cara pengolahannya benar, pasti hasilya akan bagus dan meningkat," pungkas Setiajit.

Untuk diketahui, dari data yang dihimpun oleh JombangTIMES melalui Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Hadi Purwantoro bahwa pada tahun 2017 tanaman tembakau di Kabupaten Jombang mencapai 5.147 hektare, yang tersebar di 6 kecamatan. Sedangkan pada tahun 2018, terdapat kenaikan seluas 145 hektare dengan perolehan sebesar 65.500 ton tembakau basah. Lebih meningkat dibanding perolehan panen tembakau di tahun 2017 yang hanya mendapat 57.519 ton tembakau basah.(*)


Topik

Advertorial berita-jombang tanam-perdana-tembakau-2018 forkopimda-kabupaten-jombang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy