Serba-Serbi Ramadan 1439 H

Mau Masuk Ramadan, Buah Ini Sudah Jadi Buruan

Kholil, salah satu pedagang blewah di Pasar Induk Gadang saat menata dagangannya. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Kholil, salah satu pedagang blewah di Pasar Induk Gadang saat menata dagangannya. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANGMALANGTIMES - Blewah atau garbis menjadi salah satu buah yang paling banyak diburu sebagai bahan takjil atau minuman manis untuk berbuka puasa. Sensasi segar dan renyah lembut dari buah dengan nama latin Cucumis melo L itu mujarab sebagai penawar dahaga usai seharian berpuasa. 

Memasuki awal Ramadhan 1439 H, di Kota Malang penjualan blewah mengalami peningkatan. Bahkan, per hari dari satu penjual bisa melepas sekitar satu ton buah pada konsumen. Seperti yang diungkapkan Kholil, salah satu pedagang di Pasar Induk Gadang.

"Sekarang mulai diserbu pembeli, terutama pedagang es yang akan berjualan takjil," ujarnya saat ditemui MalangTIMES, hari ini (16/5/2018). 

Menurut Kholil, sudah mulai ada peningkatan harga meski belum signifikan. "Harganya bagus, hari ini Rp 4.500 per kilogram. Naik dari minggu lalu yang cuma Rp 4 ribu," terangnya.

Meski demikian, lanjutnya, lebih rendah dari tahun 2017 lalu yang mencapai Rp 6 ribu per kilogram. Harga tersebut diperkirakan akan stabil karena saat ini mulai memasuki musim kemarau. 

Konsumsi buah yang meningkat menyebabkan pedagang mesti menambah pasokan. Terlebih blewah hanya tumbuh subur di daerah bersuhu tinggi. Di wilayah Malang Raya yang bersuhu rendah, umumnya jarang petani menanam blewah.

"Semua mendatangkan dari luar daerah. Untuk awal puasa ini menambah kiriman dari Banyuwangi sebanyak enam ton per minggu," terangnya. 

Salah satu pedagang takjil, Nuraima mengatakan bahwa dirinya sengaja berbelanja sebelum masuk Ramadhan. "Iya, ini nyetok blewah. Takutnya kalau masuk puasa nanti naik harganya," ujar ibu dua anak itu.

Nuraima mengaku penjualan minuman berbahan blewah laris manis selama bulan Ramadhan.

"Biasnya dibuat es sirop blewah atau campuran es buah. Per gelas bisa dijual Rp 3 ribu. Lumayan hasilnya," pungkasnya. 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top