Gus Ipul berdialog dengan bagian Direksi PT Chiel Jedang Indonesia di dalam pabrik, Selasa (22/5/2018) (Foto : Adi Rosul/JombangTIMES)
Gus Ipul berdialog dengan bagian Direksi PT Chiel Jedang Indonesia di dalam pabrik, Selasa (22/5/2018) (Foto : Adi Rosul/JombangTIMES)

 Calon Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) memastikan peristiwa teror yang terjadi di Jawa Timur beberapa waktu lalu tidak memengaruhi investor dalam menanamkan investasinya di Jawa Timur.

Pada kunjungannya di salah satu perusahaan terbesar di Jawa Timur yang berada di Kabupaten Jombang, Gus Ipul menjamin kemanan bagi para investor Penanaman Modal Asing (PMA) di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

"Bagi investor itu yang penting keamanan. Kemarin itu ada peristiwa bom, meski begitu kepercayaan investor kembali kita dapatkan. Faktor keamanan ini penting, dan saya ingin memastikan, Jawa Timur ini Insyallah aman," tegas Gus Ipul saat diwawancarai di PT Cheil Jedang Indonesia (CJI), Jl Raya Brantas, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Selasa (22/5).

Selain itu, Gus Ipul juga mendorong adanya perusahaan PMA agar melakukan kemitraan dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Gus Ipul mengatakan bahwa di PT CJI tersebut sudah melakukan kemitraan dengan UMKM di sekitarnya, hal tersebut harus menjadi inspirasi bagi para PMA yang akan berinvestasi di Jawa Timur.

"Kemitraan sudah terjadi disini (PT CJI, red), antara PMA dengan UMKM. Mulai dari packagingnya, cateringnya, angkutannya. Inilah yang kita harapkan. Dan yang paling penting juga, perusahaan sebesar ini tenaga asingnya bhanya 10 orang. Ini yang bisa jadi inspirasi dan bisa jadi contoh," tandasnya.

Tidak hanya soal kemitraan saja, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur dua periode ini, juga mengharapkan agar semua perusahaan harus melakukan transfer teknologi kepada para pekerjaannya.

Hal itu ditegaskan Gus Ipul agar para pekerja memiliki kemampuan yang lebih baik dalam dunia industri.

"Harus ada transfer teknologi, agar pekerja-pekerjanya bisa dididik dan ditingkatkan kemampuannya," ujar Gus Ipul.

Sementara, Gus Ipul kedepan juga akan mendukung para investor yang akan membuat perusahaan yang berjalan dibidang ekspor. Hal itu akan meningkatkan nilai investasi yang ada di Jawa Timur.

"Memang yang kita dorong kedepan adalah industri yang berorientasi ekspor. Ini yang harus kita dukung," pungkasnya.(*)