Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Otomotif

Serunya Jurnalis Perempuan Malang Ngabuburit Sambil Belajar Safety Riding

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : A Yahya

26 - May - 2018, 21:09

Placeholder
Salah satu jurnalis perempuan Malang tengah menjajal performa Honda PCX di halaman belakang Hotel Grand Cakra Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Jurnalis-jurnalis perempuan di Malang Raya punya cara tersendiri untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Petang ini (26/5/2018) sekitar 20 pewarta dari berbagai media mengikuti pelatihan safety riding agar semakin memahami dasar-dasar berkendara yang aman.

Berlokasi di Hotel Grand Cakra, para jurnalis perempuan ini diberi pengetahuan soal keselamatan berkendara dari Honda. Mulai dari perlengkapan berkendara hingga mengenal marka jalan.

Instruktur Safety Riding MPM Motor Malang Dionisius Misidianto mengatakan, dalam paparannya tersebut, pria yang akrab disapa Misi ini menerangkan ada beberapa faktor penyebab kecelakaan. Kebanyakan, diakibatkan karena ulah manusia.

"Sebanyak 90 persen diakibatkan karena ulah manusia. Selebihnya karena faktor kondisi kendaraan dan cuaca," terang dia.

Misi mencontohkan, ketika kondisi hujan, pihaknya mencontohkan bahwa ada rel licin. Sehingga, banyak orang yang tergelincir ketika melintas di rel tersebut. "Tekniknya adalah melintas dengan cara menyamping, atau turunkan kecepatan seminimal mungkin," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Misi juga memberikan pengetahuan soal marka dan rambu-rambu jalan. "Para pengemudi juga harus dalam keadaan sehat fisik, mental dan juga tidak ngantuk" beber dia.

Misi menambahkan, sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Gerakannya cukup sederhana, mulai jongkok, putar pergelangan kaki, tangan hingga kepala. "Gerakan ini membuat otot kita lemas. Sehingga membuat semakin nyaman berkendara," kata dia.

Terakhir, Misi juga mengingatkan bagi para pengendara untuk mematuhi perlengkapan safety riding. Mulai dari penggunaan helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. Di sela-sela kegiatan itu, para jurnalis perempuan juga sempat menjajal berkendara dengan Honda PCX. Meski bodi motor tersebut terbilang cukup besar, tetapi para pewarta tetap lincah melewati sirkuit buatan di halaman belakang hotel.


Topik

Otomotif berita-malang Belajar-Safety-Riding MPM-Motor-Malang Malang-Raya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

A Yahya