Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tiga Tahun Terakhir, PDAM Kabupaten Malang Sumbang PAD Rp 7,8 Miliar

Penulis : Imam Syafii - Editor : Heryanto

06 - Jun - 2018, 09:21

Placeholder
Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

Sumbangsih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. 

Salah satu bukti konkretnya adalah besarnya kontribusi perusahaan PDAM kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Malang.

Dalam tiga tahun terakhir PDAM menyetor keuntungan untuk PAD sebesar Rp 7,8 miliar.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan PDAM juga harus menjadi sarana bagi hasil, terutama untuk menopang peningkatan PAD. 

"Setelah kami evaluasi bersama, PDAM Kabupaten Malang ternyata telah menyumbang PAD yang signifikan dari sisi jumlah," kata Syamsul.

Syamsul menerangkan hal ini dapat dilihat dari data bahwa audit kinerja Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PPSAM) menunjukkan finansial PDAM Kabupaten Malang dalam kondisi sehat. 

Syamsul mencatat dalam kurun tiga tahun terakhir ada keuntungan total sebesar Rp 7,8 miliar lebih yang disetor untuk PAD Kabupaten Malang.

Tercatat untuk PAD tahun 2015 sebesar Rp 2,9 miliar, tahun 2016 sebesar Rp 4 miliar dan tahun 2017 sebesar Rp 4,7 miliar. 

"Kami mampu memberikan kontribusi hingga Rp 7,8 miliar dalam tiga tahun terakhir. Tentunya surplus yang besar ini perlu dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan lagi," tegasnya.

Melihat kontribusi PDAM terhadap PAD yang telah mencapai ekspektasi yang bagus tersebut pihaknya sangat mendukung kinerja dari seluruh pegawai PDAM Kabupaten Malang.

"Kami berharap PDAM Kabupaten Malang terus mempertahankan prestasi kinerja dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, serta memakmaksimal kelancaran pembangunan Pemkab Malang," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan PDAM-Kabupaten-Malang Syamsul-Hadi PAD-Pemerintah-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Heryanto