Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Amankan Chat Kamu, Ikuti Petunjuk Pengamanan dari WhatsApp

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Yunan Helmy

28 - Jun - 2018, 09:00

Placeholder
Ilustrasi aplikasi perpesanan populer di dunia, WhatsApp. (foto: The Verge)

WhatsApp merilis prosedur keamanan. Aplikasi chat yang berbasis di California, Amerika Serikat, ini memberikan langkah demi langkah keamanan bagi pengguna. Didirikan pada Februari 2009, pengguna aplikasi chat besutan Jan Koum dan Brian Acton itu mencapai miliaran orang. 

Diakuisisi Facebook, WhatsApp rupanya makin menjadi primadona. CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan pengguna aktif (monthly active users) WhatsApp menyentuh 1,5 miliar. Dalam satu hari, WhatsApp bisa melayani 60 miliar pertukaran pesan dari seluruh pengguna di dunia. 

Nah, demi mengamankan pesan Anda sebagai pengguna setia WhatsApp, berikut langkah-langkah yang dikutip dari laman resmi mereka, WhatsApp.com.

Pertama ialah mengendalikan setelan privasi. Dalam laman resminya, WWhatsApp menyarankan agar Anda melakukan setelan privasi profil. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pengaturan kapan terakhir dilihat. Pengaturan ini juga memungkinkan pengaturan kapan dilihat oleh semua orang, hanya kontak, atau tidak seorang pun.

Kedua, blokir pengguna yang tidak diinginkan. WhatsApp menyediakan fasilitas blokir, yakni menghentikan seseorang untuk menghubungi secara langsung dari dalam chat.

Ketiga, meminta informasi akun Anda. Dalam laman resminya, WhatsApp menjelaskan sebagai berikut: "Dengan fitur Meminta Informasi Akun, Anda dapat meminta dan mengekspor laporan informasi akun dan setelan WhatsApp Anda. Contoh informasi ini termasuk foto profil dan nama grup Anda. Harap diperhatikan bahwa laporan ini tidak menyertakan pesan Anda."

Keempat, menghapus semua pesan dalam chat baik individual maupun pesan yang ada dalam grup. Langkah pengamanan lain yang disarankan adalah mematikan laporan pesan dibaca. Tanda centang akan ditampilkan setiap pesan yang Anda kirim. Tanda ini dapat diatur agar tidak terlihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

Cara lainnya adalah melakukan proses verifikasi dua langkah yang dijelaskan sebagai berikut: "Verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur opsional yang menambahkan keamanan pada akun Anda. Ketika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasikan nomor telepon Anda pada WhatsApp harus disertai dengan sebuah PIN enam digit yang Anda ciptakan dengan menggunakan fitur ini."

Verifikasi dilakukan dengan cara membuka WhatsApp lalu pilih Pengaturan atau Setelan. Kemudian pilih Akun - Verifikasi dua langkah - Aktifkan. (*) 


Topik

Tekno WhatsApp cara-Amankan-Chat-WhatsApp



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Yunan Helmy