Terungkap, Inilah Fenomena Suara dan Cahaya Aneh di Tulungagung Saat Tengah Malam

Layang-layang mirip bintang saat malam hari di Tulungagung (Foto: Ilustrasi/ TulungagungTIMES)
Layang-layang mirip bintang saat malam hari di Tulungagung (Foto: Ilustrasi/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGONG – Pasca Lebaran Idul Fitri ini, suara aneh sering terdengar di langit Tulungagung jika malam tiba. Suara yang mirip "auman singa" sering membuat orang yang sulit tidur jadi penasaran untuk mencari. 
"Bahkan jika tengah malam anak saya bangun, saya ajak keluar mencari suara itu. Awalnya dia menangis takut, tapi setelah melihat ke atas langsung terdiam," kata Eko, bapak dua anak warga Sumbergempol.

Eko menceritakan, bukan hanya suara aneh yang didengar keluarganya beberapa hari belakangan ini namun lebih dari itu, bersama keluarga dirinya sering janjian untuk saling membangunkan agar mengetahui dan melihat langsung apa yang terjadi. 
"Siang selalu terik dan panas menyengat, malam dingin bukan kepalang. Di sini dikenal dengan musim bediding, nah jika tengah malam saya bangunkan anak dan istri saya untuk mencari suara aneh yang sering saya perlihatkan pada anak saya yang kedua ini," paparnya.

Ternyata sekali mengetahui dan melihat dengan mata kepala sendiri, istri dan anaknya terkejut dan terkagum dan akhirnya hampir tiap tengah malam belakangan ini sering duduk di lantai atas rumahnya. 
"Syaratnya ada kopi dan camilan, keluarga kami ini bisa melihat langsung suara dengan cahaya di atas rumah ini," jelasnya sambil menunjukkan apa yang dimaksud. 

Eko dan istrinya kemudian mengaku senang setelah mengetahui asal suara dengan cahaya yang awalnya membuat penasaran itu. 
"Sekarang itu ternyata orang mengikuti teknologi, layangan dengan diberi hiasan lampu dan suara "sawangan" membuat pemandangan langit di malam hari begitu indah. Sayang jika difoto dengan hp ini kurang bagus, padahal dipandang mata sangat istimewa," ungkapnya menjawab penasaran. 

Benar saja jika malam tiba dan suara lalu lalang kendaraan sudah redam, warga di Tulungagung akan dimanjakan oleh pemandangan langit dengan "bintang buatan" yakni ratusan layang-layang berlampu dengan suara yang bervariasi. 

Layangan jenis gapangan nigth flying dengan lampu LED yang listriknya berasal dari baterai khusus berkekuatan 2,5 volt tiap malam bisa disaksikan di hampir seluruh langit Tulungagung, khususnya di wilayah Ngunut, Boyolangu, Sumbergempol, Kalidawir dan sekitarnya. 

Pewarta : Anang Basso
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : sandi permana soebagio
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top