Menikmati Sajian Kopi Keju, Coba di Kedai Kota Malang Ini

Sajian kopi keju di kedai Elele yang berada di lapangan Plaza Merjosari Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Sajian kopi keju di kedai Elele yang berada di lapangan Plaza Merjosari Kota Malang (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANGMALANGTIMES.- Pernah merasakan sensasi kopi berbaur dengan keju? Barangkali di Kota Malang belum banyak kedai yang menyediakan racikan kopi dan keju. 

Tetapi di Finlandia, masyarakat biasa meminum kopi dipadu keju. Mereka menuangkan kopi di atas potongan leipaejuusto (dadih keju).

Keju yang digunakan bukanlah keju biasa. Leipaejuusto adalah keju balok yang terbuat dari susu sapi, susu kambing, dan juga susu rusa. Nama sajian kopi ini adalah kaffeost. Selain Finlandia, minuman kopi keju merupakan minuman khas bangsa Swedia bagian utara. 

Di Kota Malang minuman kopi dipadu keju ada di kedai Elele. Lokasi kedai di lapangan (plaza) Merjosari di kawasan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru. Sang pemilik, A. Yahya, menjelaskan kopi keju adalah hasil diskusi dengan seorang kawan bernama Achmad Muzaki.

"Saat itu saya didampingi oleh mentor. Lalu akhirnya kami memutuskan membuat kopi dengan krim keju. Penyajiannya kopi keju kami bedakan. Menggunakan alat namanya Vietnam Drip. Jadi pengunjung bisa langsung menyaksikan campuran keju dan kopi," jelas dia kepada MalangTIMES, Sabtu (21/7/2018). 

Kopi keju yang disediakan di Elele adalah kopi jenis robusta. Yahya mengatakan biji kopi diambil dari kawasan Dampit Kabupaten Malang. Kopi keju diseduh dengan Vietnam drip. Alat penyeduh kopi terdiri dari saringan bawah, cangkir, saringan atas (tamper) dan penutup. Tampernya ada dua jenis yakni disekrup (memberikan tekanan tambahan) dan yang tanpa sekrup (tekanan hanya dari gravitasi). 

Kopi keju ala Elele baru diluncurkan mulai Senin (16/7/2018) kemarin. Yahya menyebut  kopi keju mampu merebut perhatian pengunjung kedai. "Kemarin ada sekelompok pecinta alam dari salah satu kampus swasta di Kota Malang. Mereka tanya apa yang khas dari tempat saya. Saya sajikan kopi keju. Dan mereka antusias apalagi cara penyajiannya unik dengan Vietnam drip ini," ungkap pria jebolan Universitas Islam Malang (Unisma) itu.

Dibanderol Rp 25.000, kopi keju ala Elele sayang bila Anda lewatkan. Apalagi di kedai Elele, Anda juga bisa menikmati sajian kuliner serba-lele. Coba menyantap kopi keju dengan lele fillet crispy yang renyah dan mengugah selera. Harganya pun ramah kantong yakni mulai Rp 8.000. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top