Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kota Blitar Raih Kategori Madya Penghargaan Kota Layak Anak

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

24 - Jul - 2018, 15:30

Placeholder
Wakil Wali Kota Blitar Santoso mewakili Kota Blitar menerima penghargaan Kota Layak Anak kategori madya dari Kementerian PPA.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional kembali diraih Kota Blitar. Berkat komitmen dan sinergitas yang tinggi dari berbagai pihak, Kota Blitar kembali menerima penghargaan Kota Layak Anak. 

Yang luar biasa, ada peningkatan grade penghargaan yang diraih Kota Blitar. Dari sebelumnya kategori pratama naik menjadi kategori madya. Penghargaan ini diterima Wakil Wali Kota Santoso dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P3A) Yohana Yembise dalam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2018 di Dyandra Convention Center Surabaya, bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, Senin (23/7/2018) malam.

Wakil Wali Kota Blitar Santoso sesaat setelah menerima penghargaan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pemangku kepentingan sehingga Kota Blitar dapat kembali menerima penghargaan Kota Layak Anak. “Kita bersyukur karena ada peningkatan grade. Dari sebelumnya kategori pratama sekarang menjadi madya. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kerja kolektif dari semua pihak yang kita harapkan dapat semakin memotivasi untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh anak yang ada di Kota Blitar,” ucap Santoso.

Dijelaskan wawali, kali ini penghargaan Kota Layak Anak memiliki indikator yang tidak sedikit. “Ada banyak indikator yang ditetapkan dan Kota Blitar setelah diverifikasi sudah sudah memenuhi persyaratan. Secara kelembagaan, perlindungan khusus, payung hukum, adminstrasi, program dan komitmen Pemerintah Daerah Kota Blitar telah memenuhi persyaratan,” jelas Wawali. Wawali menambahkan kerjasama lintas sektor juga sangat baik.

Wawali menandaskan, perhatian dari Pemerintah Kota Blitar terhadap anak sangat tinggi. Sejak dalam kandungan pemerintah Kota Blitar sangat tinggi. “Kepedulian terhadap bidang pendidikan dan kesehatan dalam hal persentase anggaran sangat tinggi. Ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kota Blitar peduli terhadap masa depan anak,”  urainya.

Saat ditanya tentang target berikutnya, Santoso menjelaskan bahwa Kota Blitar akan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan pemenuhan target indikator Kota Layak anak. “ Penghargaan ini diraih dengan pemenuhan terhadap berbagai indikator. Harapannya Kota Blitar pada periode berikutnya dapat naik tingkat menuju tingkat Nindya,”  harap wawali.

Beberapa indikator penilaian Kota Layak Anak di antaranya kelembagaan meliputi adanya payung hukum, terlembagakannya KLA, dan keterlibatan masyarakat dan dunia usaha. Kemudian adanya perlindungan khusus, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan. Selain itu ada pula klaster pendidikan, budaya, dan pemanfaatan waktu luang.

Sementara Menteri PPPA Yohana Yembise mengatakan, penghargaan ini bentuk apresiasi atas segala upaya pemimpin daerah dalam mewujudkan amanat konstitusi yaitu, pemenuhan hak anak, di mana negara berkewajiban memenuhi hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak.

Penilaian KLA dilakukan oleh tim yang beranggotakan Pakar Anak, Kementerian atau lembaga, yakni Kemenko PMK, Kemendagri, Bappenas, Kemenkumham, Setneg, Kantor Staf Presiden dan KPAI.

"Tahapan penilaian melalui empat tahap, yaitu penilaian mandiri, verifikasi administrasi, verifikasi lapangan, dan finalisasi," ujar Yohana. Dalam penilaian KLA, Kementerian PPPA membagi ke beberapa tingkat yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama. Ia berharap penghargaan ini bisa mendorong pemimpin daerah untuk memacu diri meningkatkan perhatian pada pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus di wilayahnya masing-masing. (*)

 


Topik

Pemerintahan kota-blitar ramah-anak Santoso Kementerian-PPA



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy