Puluhan Mahasiswa FKG Unair Gelar Baksos di Lereng Gunung Raung

Doktor Edy B. Susilo saat memyambut kedatangan rombongan dari FKG Unair di pendapa. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Doktor Edy B. Susilo saat memyambut kedatangan rombongan dari FKG Unair di pendapa. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga Surabaya mulai Jumat hari ini (27/7/2018) hingga Senin 30 Juli akan menggelar bakti sosial (baksos). Bentuknya, melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara gratis kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Sumberjambe, Jember, di lereng Gunung Raung, tepatnya di Desa Sumberjambe dan Desa Sumberpakem.

Kedatangan puluhan mahasiswa FKG Unair ini disambut Asisten I Perekonomian dan Pembangunan Sekda Jember Dr Edy B. Susilo yang mewakili Bupati Jember dr Hj Faida MMR di aula Tamiyaloka Pendapa Pemkab Jember. “Kami mengapresiasi setinggi tingginya kepada panitia penyelenggara bakti sosial, sekaligus mengucapkan selamat datang kepada rombongan FKG Unair di Kabupaten Jember,” ujar Edy dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Edy berharap kegiatan yang diprakarsai FKG Unair bekerja sama dengan Departemen Pengabdian Masyarakat dan BEM FKG -yang diberi tema Dentistry Charity IX Bakti Mahasiswa FKG Unair untuk Negeri- itu bisa mewujudkan kesehatan masyarakat, terutama kesehatan gigi dan mulut yang merupakan organ vital bagi manusia.

Untuk memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat di Kecamatan Sumberjambe, selain kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh mahasiswa FKG Unair, Edy juga akan melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Jember dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Agar kegiatan nanti lebih luas manfaatnya dan tidak hanya pada pemeriksaan gigi saja, kami Pemkab Jember juga akan melibatkan beberapa OPD untuk melakukan pendampingan adik-adik mahasiswa. Di antaranya Dinkes, Dispendukcapil, Dinas Pariwisata dan Dinas Sosial,” tambah Edy.

Menurut Edy, keterlibatan OPD di lingkungan Pemkab Jember ini, selain memberikan layanan kepada masyarakat, juga untuk menggebyarkan kegiatan baksi sosial mahasiswa FKG Unair. “Kadang ada masyarakat yang tidak sakit gigi tapi juga datang pada acara baksos untuk periksa. Tentu hal ini akan mengecewakan. Oleh karenanya, kami libatkan Dinkes agar juga stand by di lokasi baksos. Begitu juga dengan keberadaan Dispendukcapil. Di sana nanti masyarakat juga bisa mengikuti perekaman adminduknya meliputi pembuatan akte lahir, kartu identitas anak maupun KK,” ujarnya.

Selain melakukan kegiatan bakti sosial, puluhan mahasiswa FKG Unair ini juga akan diajak untuk mengenal lebih dekat tempat-tempat pariwisata yang ada di Jember, terutama Pantai Watu Ulo, Teluk Love, Pantai Payangan dan beberapa destinasi wisata lainnya sebelum meninggalkan Jember.

Hadir pada acara penerimaan mahasiswa FKG Unair di Ruang Tamiyaloka Pendapa Pemkab Jember, di antaranya tiga direktur rumah sakit daerah di Jember, kepala dinkes, kadispendukcapil, kadispariwisata, camat Sumberjambe dan kepala desa. (*)

 

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top