Dinas Pariwisata Lumajang Ajak Pelajar Dua Sekolah Ke Agrowisata Kertowono

Usai mengikuti penjelasan produksi teh,para pelajar ini mengikuti games di salah spot di Agrowisata Kertowono Gucialit (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Usai mengikuti penjelasan produksi teh,para pelajar ini mengikuti games di salah spot di Agrowisata Kertowono Gucialit (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Sekitar 30 siswa dari SMK Rowokangkung dan Madrasah Aliyah Nurusy Syuhadak Rowokangkung Lumajang, pada har ini Sabtu (4/8) mengikuti program Widya Wisata di Agrowisata Kertowono Gucialit yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. 

Yuli Annisa H, SST.Par, Kasi Promosi Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang dalam kesempatan ini mengatakan, acara widya wisata ini sengaja diselenggarakan untuk memperkenalkan para pelajar khususnya di Lumajang tentang potensi wisata yang ada di Lumajang.

"Kita ajak teman-teman ini untuk mengenal potensi wisata di Lumajang, sealigus mengenal dari dekat potensi perkebunan teh yang ada di Gucialit Lumajang," kata Yuli.

Para pelajar dari dua sekolah ini tiba di PTPN XII Kertowono sekitar pukul 07.00 dan langsung mengikuti tour pertama yakni penjelasan proses produksi teh, sejak mulai petik, produksi sampai pengemasan yang siap untuk di eksport.

Hadi Andoko, yang memandu para siswa ini memulai penjelasannya dari ruang pelayuan daun teh, kemudian proses pemotongan dauh teh sampai dengan pengeringan dan kemasan yang siap untuk dilelang di Balai Lelang Teh di Jakarta.

"Setiap hari untuk bulan ini produksi dauh teh kita mencapai 8 sampai 9 ton daun teh basah. Namun pada bulan oktober produksi ini bisa meningkat 2 kali lipat sampai 18 ton perhari," kata Hadi Andoko.

Sementara itu Eka Mey Rahmawati, Guru dari MA Nurusy Syuhadak mengaku cukup senang dengan kegiatan ini, karena para siswanya bisa melihat dari dekat potensi perkebunan teh yang ada di Lumajang.

Selain mendapatkan penjelasan tentang produksi teh dari Lumajang, para siswa ini juga diajak menuju kebu teh untuk melihat dari dekat proses petik daun teh du PTPN Kertowono. Para pelajar ini juga mengikuti sejumlaha games sebelum berangkat menuju kebon teh. (ADV)

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top