Satu Balita dan Tiga Remaja di Blitar Terinfeksi HIV/AIDS

Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Sedikitnya satu balita dan tiga remaja di Kabupaten Blitar terinfeksi HIV/AIDS. Penyebabnya, tertular dari orang tuanya yang juga terjangkit virus mematikan yang belum ada obatnya itu.

"Ada satu balita usianya antara 0-4 tahun. Sedangkan tiga lainnya berusia 15-24 tahun, ini kasus temuan baru. Sedangkan sebelumnya untuk yang usia 15-24 tahun kami juga  menemukan tiga kasus baru," ucap Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

Krisna menambahkan, selain satu balita dan tiga orang remaja, Dinkes Kabupaten Blitar mencatat ada 58 penderita HIV/AIDS baru. Sehingga total ada 61 kasus HIV/AIDS baru, terhitung sejak Januari hingga Juni 2018. 

Data penderita HIV/AIDS di dinas kesehatan untuk usia 0-4 tahun ada satu orang penderita, usia 14-24 tahun 5 orang. Usia 25 - 34 tahun ada 16 orang. Usia 35 - 44 tahun 23 orang, lebih dari 45 tahun ada 16 orang penderita.

"Selain balita dan remaja mereka yang terjangkit  rata-rata masih berusia produktif. Kebanyakan  diakibatkan karena seks bebas termasuk sesama jenis atau LGBT, pemakaian jarum suntil narkoba, dan pola gaya hidup yang tak sehat lainnya," jelasnya,

Menurut Krisna, untuk mengatasi terus bertambahnya penderita HIV/AIDS di Kabupaten Blitar  Dinkes mengalami sejumlah kendala. Diantaranya penderita yang cenderung tertutup.

"Mereka rata-rata cenderung tertutup rapat. Namun kami berupaya untuk terus menelusuri jika ada laporan," pungkasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top