Didatangi Tim Dari Dinkes, RS Trisna Medika Belum Berikan Keterangan Terkait Kamatian Bayi Usai Dimandikan

ilutrasi bayi meninggal dunia
ilutrasi bayi meninggal dunia

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Dinas kesehatan sudah membentuk tim untuk menelusuri dugaan adanya kelalaian yang dilakukan oleh 3 petugas kesehatan dari RS Trisna Medika hingga menyebabkan meninggalnya seorang bayi. Bahkan tadi pagi tim dari Dinkes sudah mendatangai rumah korban untuk dimintai keterangan terkait kematian bayi putri pasangan NN dan TW warga Desa Sepatan, Gondang.

“Tim sudah mendatangi rumah TW dan NN di Sepatan, Gondang untuk dimintai keterangan terkait kematian putri mereka di RS Trisna Medika,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono.

Dari pihak orang tua bayi, Dinas Kesehatan sudah mendapatkan kronologiddan data-data kejadian itu. Sayang dari Pihak RS Trisna Medika enggan memberikan keterangan pada Dinas Kesehatan terkait kematian anak pasangan NN dan TW itu.

“Belum diberikan, alasanya masih menunggu laporan resmi dari RS Trisna Medika dan kita beri tenggat waktu 1 minggu,” imbuh Bambang.

Jika dalam waktu satu minggu pihak RS Trisna Medika belum memberikan laporan kepada Dinas Kesehatan, maka Pihak Dinas Kesehatan akan mendatangi RS Trisna Medika lagi untuk meminta laporanya.

“Tadi pagi tim dari Dinkes juga kesana (RS Trisna Medika-red), mereka kita minta untuk membuat laporan secara resmi dan kronologi kejadian itu,” tandas Bambang.

Kasus kematian bayi yang terjadi di RS Trisna Medika cukup menyita perhatian publik. Betapa tidak, bayi yang lahir secara sehat, meninggal saat dimandikan oleh petugas kesehatan RS Trisna Medika. Pihak RS Trisna Medika sendiri melalui direkturnya, dr. Amor Wibisana enggan berkomentar atas kematian bayi itu, dengan alasan kode etik medis yang melarang membocorkan rekam medis pasien.

Rekam medis bisa di ketahui oleh orang lain atas ijin pasien itu sendiri. Selain itu rekam medis juga bisa diberikan pada Dinas Kesehatan yang menjadi pembina dari rumah sakit.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top