Pasca Gempa Lombok, Sejumlah Turis Manca Negara Alihkan Wisata Ke Banyuwangi

Sejumlah wisatawan manca negara turun dari Kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi
Sejumlah wisatawan manca negara turun dari Kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

JATIMTIMES, BANYUWANGI – Gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Timur, membuat beberapa turis manca negara mengalihkan tujuan wisatanya. Banyuwangi menjadi salah satu alteratif pilihan turis manca Negara untuk menghabiskan waktunya selama berada di Indonesia. Tercatat ada kenaikan hingga 10 persen kunjungan turis manca Negara pasca terjadinya gempa Lombok.

Sejak terjadinya gempa di Lombok, sejumlah turis mancanegara banyak yang mengalihkan perjalanan wisatanya ke Banyuwangi. Bahkan sehari setelah musibah itu terjadi, terdapat sejumlah bule yang sengaja meninggalkan Lombok dan memilih Banyuwangi sebagai tujuan wisatanya.

“Sehari pasca musibah gempa itu sejumla turis manca negara sengaja escape ke Banyuwangi,” ujar Yoyon, seorang pemilik travel wisata di Banyuwangi.

Mereka yang mengaku escape dari Lombok sama sekali buta akan obyek wisata yang ada di Banyuwangi. Sehingga mereka sempat menanyakan apa yang bisa di-eksplore di Banyuwangi. Ijen yang menjadi andalan wisata Banyuwangi akhirnya menjadi pilihan bagi mereka.

Yoyon menambahkan diluar mereka yang escape dari Lombok, jumlah wisatawan manca Negara yang masuk ke Banyuwangi juga bertambah. Angkanya mencapai hingga kisaran 10 persen dibanding dengan hari-hari biasanya.

“Tujuan mereka rata-rata ke Ijen, kemudian ke Sukamade. Jika sudah puas di Banyuwangi biasanya mereka melanjutkan ke Bromo dan diakhiri di Jogjakarta,” ungkap owner Ijen Blue Fire Travel agent ini.

Pantauan di Pelabuhan Ketapang, dua hari belakangan semakin banyak turis manca Negara yang datang  dari Bali melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang. Selain akibat terjadinya musibah gempa di Lombok, meningkatnya jumlah wisatawan juga dikarenakan bulan Agustus merupakan puncak kedatangan dari turis manca Negara.

Pewarta : Muhammad Hujaini
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Banyuwangi TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top