Imunisasi Difteri Tahap 2 Berlangsung, Jombang Sudah Nihil Pasien Difteri

Pemberian ORI difteri oleh Dinas Kesehatan Jombang terhadap siswa di SDN Kepanjen 2. Kecamatan Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Pemberian ORI difteri oleh Dinas Kesehatan Jombang terhadap siswa di SDN Kepanjen 2. Kecamatan Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Wabah difteri yang beberapa waktu lalu sempat menyerang Jawa Timur, termasuk Kabupaten Jombang, mendorong Kementerian Kesehatan untuk melakukan outbreak response immunization (ORI) difteri terhadap masyarakat di rentang usia 1 tahun hingga 19 tahun.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan, pemberian imunisasi difteri di bulan Agustus ini merupakan imunisasi kedua. Imunisasi difteri yang pertama dilakukan di awal 2018, setelah adanya wabah difteri akhir tahun 2017 lalu. "Di Jombang saat ini kami melakukan imunisasi difteri tahap dua," ujar dia saat diwawancarai, Rabu (8/8).

Menurut dr Pudji, pemberian imunisasi difteri ini akan diberikan dalam tiga tahap. Masing-masing tahap akan dilakukan selang 5 bulan. "Ini sudah tahap yang kedua dengan sasaran yabg sama. Yang berikutnya 4 hingga 5 bulan lagi," tandasnya.

"Harapannya dari kementerian saat rakorkesda kemarin, harus mencakup 100 persen. Sebab, menyisahkan satu saja, itu berpotensi terjadinya transmisi," ucap Pudji.

Disinggung mengenai adanya pasien pengidap difteri di Jombang, Pudji yang juga menjabat direktur RSUD Jombang ini mengatakan, sudah tidak ada lagi pasien difteri di Kabupaten Jombang.

Sebelumnya, Pudji menyampaikan di Kabupaten Jombang sejumlah warga terdeteksi mengidap difteri, pada akhir tahun2017 hingga awal tahun 2018 lalu. "Saat ini sudah tidak ada (pasien difteri, red). Dulu kurang lebih 7 pasien. Semua sudah tertangani dengan tidak ada yang meninggal. Komplikasi jantung pun tidak ada," pungkas Pudji.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top