28 Bacaleg Kabupaten Blitar Tak Lolos Verifikasi KPU

Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Sebanyak 28 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kabupaten Blitar tidak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Jumlah tersebut berasal dari 505 bacaleg yang menyerahkan berkas pendaftaran peserta Pileg 2019.

Ketua  KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan 28 bacaleg ini tidak memenuhi syarat. Diantaranya bacaleg tidak menyertakan salah satu berkas dari surat keterangan sehat. Diantaranya surat keterangan sehat jasmani, sehat rohani dan surat bebas narkoba. 

Padahal sebelumnya KPU sudah memberikan waktu perbaikan berkas. Dimana  sebelum masa perbaikan KPU Kabupaten Blitar memang menemukan sejumlah berkas bacalaeg yang belum menyertakan salah satu dari tiga surat keterangan sehat. Berkas tersebut menjadi salah satu prasarat wajib yang harus disertakan. 

"Prasyarat ini kan sebelumnya sudah ada listnya. Nah, saat kami verifikasi list salah satu surat di atas tidak dicentang. Lalu kami lakukan verifikasi dengan melihat berkasnya dan ternyata memang tidak dilampirkan dalam berkas bacaleg yang bersangkutan," jelas Imron Nafifah, Rabu (8/8/2018).

 Menurut dia, meski telah merampungkan verifikasi berkas pencalonan bacaleg namun nama dan  partai pengusung bacaleg ini baru akan diumumkan saat penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS) 12 Agustus nanti. "Nanti pada waktu DCS kita akan tahu dan akan kita umumkan bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) tersebut," kata dia.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top