Disuntik 2,1 Miliar Rupiah,  Rest Area Gubuk Klakah Semakin Ciamik

Rest area Gubuk Klakah,  Poncokusumo, terus dilengkapi dan dipercantik oleh Disparbud Kabupaten Malang agar semakin membuat nyaman wisatawan yang akan ke BTS. (malangkab for MalangTIMES)
Rest area Gubuk Klakah, Poncokusumo, terus dilengkapi dan dipercantik oleh Disparbud Kabupaten Malang agar semakin membuat nyaman wisatawan yang akan ke BTS. (malangkab for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Malang terus meningkatkan sarana pendukung infrastruktur pariwisata. Khususnya dalam penguatan destinasi unggulan pariwisata nasional di Bromo Tengger Semeru (BTS). 

Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelontorkan anggaran senilai Rp 2,1 miliar dalam upaya mempercantik rest area Gubuk Klakah,  Poncokusumo. Tahun lalu rest area ini juga digelontor anggaran Rp 960 juta. 

Anggaran besar untuk mempercantik serta menambah fasilitas di rest area Gubuk Klakah yang merupakan ruang transit wisatawan menuju BTS adalah upaya untuk semakin memberikan kenyamanan. Fasilitas serta berbagai hal ditambah untuk kebutuhan para pengunjung. 

Menurut Made Arya Wedanthara, kepala Disparbud Kabupaten Malang,  masuknya BTS sebagai 10 destinasi pariwisata nasional adalah peluang besar. Hal ini didasarkan pada angka kunjungan wisatawan ke BTS yang terbilang besat jumlahnya. Tercatat, akhir tahun 2017 lalu BTS dikunjungi sebanyak 573.948 orang. Rinciannya, wisatawan mancanegara sebanyak 22.602 orang dan wisatawan Nusantara sebanyak 551.346 orang.

"Ini tentunya yang perlu kami manfaatkan di sektor pariwisata. Caranya adalah dengan mempercantik dan melengkapi berbagai hal yang akan menguatkan BTS melalui wilayah kami. Rest area Gubuk Klakah adalah salah satu yang kami perkuat," kata Made Arya,  Kamis (9/8/2018). 

Kadisparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara (Nana)

Untuk membuat wisatawan bisa berlama-lama di sana,  maka tentunya perlu ada berbagai penambahan pembangunan. Rest area Gubuk Klakah yang kembali mendapat kucuran anggaran tersebut akan semakin dilengkapi berbagai fasilitas. 

Made menyampaikan, anggaran yang disiapkan tahun ini dialokasikan untuk belanja modal peralatan dan mesin, gedung dan bangunan di Gubuk Klakah. Misalnya, dalam item  pembelanjaan peralatan dan mesin,  yaitu pembuatan lampu taman di kawasan rest area.

"Selain panggung terbuka serta berbagai penataan lokasi parkir dan lainnya. Intinya,  kami percantik dan perlengkap rest area sehingga wisatawan nyaman. Ini upaya untuk membuat rest area ini juga semakin jadi bagian pelengkap wisata BTS," ujarnya. 

Pembangunan gazebo pun akan terus ditambah melalui anggaran tersebut setelah tahun lalu juga dibangun. Sedangkan untuk kios,  Made menyampaikan belum ada penambahan lagi di tahun ini. Pasalnya,  tahun lalu pembangunan kios untuk penjualan cenderamata sudah terlaksana. "Jadi, kami hanya menambah gazebo tahun ini. Kios sudah berjalan semuanya dan masih mampu memenuhi kebutuhan pengunjung," pungkas Made Arya. (*)

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top