Ketua PD Muhammadiyah Lumajang Akhirnya Terjun Ke Politik, Ini Alasannya

H. Suharyo AP,SH - Ketua PD Muhammadiyah Lumajang yang terjun ke politik melalui PAN (Foto : Moch. R.Abdul Fatah / Jatim TIMES)
H. Suharyo AP,SH - Ketua PD Muhammadiyah Lumajang yang terjun ke politik melalui PAN (Foto : Moch. R.Abdul Fatah / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Ketua PD Muhammadiyah Lumajang H. Suharyo AP, SH, akhirnya terjun ke politik melalui Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam pemilu legislatif tahun depan, Suharyo AP mencatatkan namanya sebagai salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Jatim daerah pemilihan Lumajang - Jember.

Kepada media ini Suharyo AP menjelaskan, kehadirannya didunia politik didorong oleh keinginan untuk memiliki peran secara politis dalam pembangunan Jawa Timur. Ini memang berbeda dengan aktivitas sebelumnya, dimana waktunya lebih banyak digunakan untuk mengurus organisasi keagamaan, yakni Muhammadiyah di Lumajang.

"Sebernanya tidak ada yang berbeda antara mengurus Muhammadiyah dan politik. Keduanya mengharuskan kita ikhlas untuk berkontribusi kepada masyarakat. Hanya saja jika dunia politik, cakupannya lebih luas, karena langsung berhubungan dengan pemerintah dalam menyusun kebijakan pembangunan. Disinilah saya akan mencoba mengambil peran itu," kata Suharyo AP memulai perbincangan dengan media ini.

Ketika ditanya kenapa memilih Partai Amanat Nasional sebagai jalur politiknya, Suharyo AP yang mantan mantan wartawan Surabaya Post ini menyebut hubungannya dengan PAN sudah berlangsung cukup lama, disamping karena cukup banyak pengurus DPD PAN Lumajang adalah mantan teman seperjuangan di Muhammadiyah.

"Sebenarnya hubungan saya dengan partai lain cukup baik. Tetapi ketika ditanya dimana teman saya yang paling banyak, ya di PAN memang cukup banyak. Bersama mereka saya biasa bersama-sama dalam satu perjuangan di Muhammadiyah, kali ini akan bersama lagi dalam perjuangan politik. Ini saja pertimbangan saya," kata Suharyo AP kemudian.

Dalam merangkai perjuangan menuju kursi DPRD Jatim, Suharyo mengakui memang harus bersaing dengan kandidat lainnya, bahkan sebagian diantaranya sama-sama politisi PAN dari Lumajang. Menyikapi hal ini Suharyo menyebut, persaingan itu adalah hal biasa dalam politik, dan semuanya harus mulai terbiasa dan nyaman dengan suasana kompetisi.

"Namanya juga politik, kompetisi itu harus disikapi dengan bijak. Saya harus bersaing dengan caleg yang lain. PAN sendiri harus bersaing dengan partai lain. Ada saat bersaing ada saat berkompetisi, saya kira saya harus terbiasa dengan kondisi ini," jelas Suharyo AP.

Diakhir perbincangan dengan media ini, Suharyo AP berharap untuk memperoleh dukungan dari masyarakat Lumajang dan Jember dalam rangka pengabdiannya untuk masyarakat Jawa Timur.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top