Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Batasi Akses Liputan, Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar Tutup Komunikasi dengan Wartawan

Penulis : Meidian Dona Doni - Editor : Heryanto

14 - Aug - 2018, 22:05

Placeholder
Mobil kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar Luhur Sejati terparkir di depan dinas pada Selasa (14/8/2018) namun saat ditemui media ini ditolak oleh anak buahnya. (Foto:M Dona Doni/BlitarTIMES)

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar bagi insan media bisa disebut sebagai SKPD yang anti oleh wartawan.

Bagaimana tidak hal ini dialami oleh pewarta BlitarTIMES yang pada Selasa (14/8/2018) hendak menemui Kepala Dinas Luhur Sejati malah mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari pegawai dinas.

Tujuan waktu itu hendak konfirmasi terkait pengawasan wisata yang sedang ramai di Blitar. Namun belum sampai bertemu kepala dinas dan melakukan izin ke sekretariat yang menjadi protokol BlitarTIMES mendapat penolakan yang tidak beretika.

Pegawai sekretariat yang diketahui bernama Kunti ketika didatangi langsung bergegas ke pintu yang terbuat dari kaca lalu menguncinya. Tidak ada kata-kata keluar darinya waktu media ini mengetuk pintu.

Sedang, saat ditanya ke ruang sebelah tiba-tiba perempuan sekretariat itu muncul dan berteriak dari kejahuan mengatakan sesuatu.

“Mas ojo ngomong karo wartawan iku. Lek ra gelem jenengmu dilebokne koran (Mas jangan berbicara dengan wartawan itu kalau namamu tidak ingin dimasukkan koran),” teriak Kunti petugas sekretariat kepada temannya satu dinas.

Rupanya kalau ditilik sebelumnya perempuan ini terbukti melakukan kebohongan kepada media ini. Pada BlitarTIMES terbitan 24 April 2018 lalu perempuan ini memberikan penjelasan bohong kepada media ini.

Saat itu media hendak menemui kepala dinas namun dikatakan kalau kepala dinas sudah di luar negeri yakni di Amerika. Padahal waktu itu kepala dinas masih di Blitar sebab waktu acara di Amerika bersama-sama rombongan Bupati Blitar. Dan Bupati waktu itu masih acara adat di Candi Sawentar Blitar.

“Pak Luhur (kepala dinas) sedang tidak ada di kantor lho mas. Sedang acara ke Amerika berangkat tadi pagi,” ucap Kunti, saat itu.

Lalu kejadian berikutnya, Bupati Blitar, Rijanto sempat marah dengan Kepala Disparbudpora, Luhur Sejati pada jumpa pers dengan media pada 25 April 2018. Luhur tidak datang diacara ini padahal bupati telah mewanti-wanti sejak pagi. 

Bupati waktu itu membentak perwakilan dinas pariwisata menyuruh menelpon langsung kepala dinas untuk menanyakan besaran pajak yang masuk dari pariwisata.

Tentu hal seperti ini sungguh disayangkan mengingat media sebagai bagian dari kontrol terhadap kebijakan-kebijakan yang menyangkut kepentingan publik. (*)


Topik

Pemerintahan Disparbudpora-kota-blitar Dinas-Luhur-Sejati Rijanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Meidian Dona Doni

Editor

Heryanto