Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dini Hari, Gubernur Pimpin Renungan Suci di TMP Kusuma Bangsa

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Aug - 2018, 13:19

Placeholder
Gubernur Jatim Soekarwo saat memimpin renungan suci di TMP Kusuma Bangsa

Gubernur Jatim Soekarwo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Surabaya, Jumat (17/8), tepat pukul 00.00 WIB. Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

"Kami yang hadir hari ini, mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa bangsa yang telah bersemayam di makam ini," ujar Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim saat membacakan naskah AKRS yang telah bersemayam di area TMP Kusuma Bangsa, yakni TNI 332 orang, Polri 36 orang, Pegawai Negeri Sipil 175 orang, Pejuang Rakyat 7 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 334 orang.

Begitupun para pahlawan tak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar lautan. "Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi nusa dan bangsa," tuturnya.

Selain itu, juga bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami dan jalan kepastian yang pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga. “Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaik- baiknya,” imbuhnya.

Apel kehormatan dan renungan suci  dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pj. Sekdaprov Jatim, Jumadi dan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur. Selain itu, AKRS juga diikuti oleh anggota TNI/Polri, PNS, Satpol PP Kota Surabaya, Pramuka dan organisasi masyarakat.

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 berikutnya adalah, upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan HUT RI ke-73 di Gedung Negara Grahadi, resepsi kenegaraan, ramah tamah dengan pejuang/veteran serta upacara penurunan bendera merah putih. 


Topik

Peristiwa surabaya berita-surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni