Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Petani Kabupaten Malang Kembali Nikmati Bantuan Peralatan Canggih

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

21 - Aug - 2018, 21:38

Placeholder
Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna Beserta Perwakilan dari Kementerian Pertanian RI Saat Menyaksikan Secara Langsung Pemanfaatan Mesin Bantuqn Kementerian Pertanian RI di Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang, Selasa (21/8/201) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

Petani di Kabupaten Malang kembali menikmati bantuan peralatan canggih khusus pertanian yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI.

Bantuan yang meliputi peralatan pra panen dan pasca panen itu pun diserahkan di Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, Selasa (21/8/2018).

Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian RI, Bustnul Arifin Caya mengatakan bantuan diserahkan kepada para kelompok tani sebagai wujud tanggungjawab Kementerian Pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu juga sebagai upaya mendongkrak hasil panen para petani.

"Dan dalam setiap program yang digelontorkan, kami berharap semuanya memberi manfaat pada produksi juga petani," katanya di sela-sela Kunjungan Kerja AKN IV BPK RI serta Penyerahan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Pra Panen dan Pasca Panen di Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, Selasa (21/8/2018).

Sampai saat ini, menurutnya ada sekitar 110 ribu peralatan pertanian yang diberikan kepada petani di seluruh Indonesia. Bantuan yang tepat sasaran diharapkan mampu menambah produktivitas hasil panen oleh petani di setiap daerah di Indonesia.

Menurutnya, Malang juga menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Karena hasil panennya selalu memenuhi kebutuhan pangan, baik di tingkat provinsi ataupun nasional.

"Ada banyak program yang digelontorkan. Kalaupun seandainya alat yang diberikan masih kurang, bisa minta untuk ditambah," jelasnya.

Dalam kesempatan itu para kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Malang pun menikmati sederet bantuan yang diberikan secara simbolis.

Bantuan tersebut berupa traktor roda dua sebanyak 15 unit yang diberikan untuk Kelompok Tani (Poktan) Karya Tani 1 Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang dan Poktan Sekararum Desa Purwosekar Kecamatan Tajinan.

Kemudian Cultivator sebanyak tujuh unit diberikan kepada Poktan Gemah Ripah Desa Ngantru Kecamatan Ngantang dan Poktan Unggul II Desa Tumpang Kecamatan Tumpang. 

Bantuan Handsprayer sebanyak 50 unit untuk Poktan Tani Maju Desa Gunung Ronggo Kecamatan Tajinan dan Poktan Subur 1 Desa Bokor Kecamatan Tumpang.

Selanjutnya Power Thresser Multiguna sebanyak lima unit untuk Gapoktan Tanijaya Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri langsung Bupati Malang Dr H Rendra Kresna disaksikan Anggota AKN IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Rizal Djalil dan Anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo.


Topik

Pemerintahan Petani-Kabupaten-Malang Bantuan-Peralatan-Canggih Kementerian-Pertanian-RI pemkab-malang bupati-malang rendra-kresna



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto