Bingung Mengolah Daging Sapi? Salah Satu Resep Ini Bisa Anda Coba

Olahan tongseng daging sapi. (for via YouTube)
Olahan tongseng daging sapi. (for via YouTube)

JATIMTIMES, MALANG – Momen Idul Adha identik dengan aneka olahan daging kurban. Jangan heran bila beberapa hari ke depan, meja makan Anda penuh dengan aneka olahan daging. Mulai kambing hingga sapi. Bagi Anda yang doyan daging sapi, resep masakan berikut barangkali bisa Anda praktikkan di rumah. 

Kuliner olahan daging sapi salah satunya adalah tongseng. Masakan ini adalah sejenis gulai dengan bumbu lebih tajam. Rasa manis dan gurih berpadu dengan daging empuk menambah kenikmatan menyantap tongseng. Tongseng sendiri merupakan kuliner  yang berasal dari Timur Tengah yang dibawa ke nusantara pada abad ke 18. 

Biasanya tongseng dibuat dengan daging domba atau kambing. Tak hanya itu, daging sapi pun dapat diolah menjadi tongseng. Daging yang digunakan masih melekat pada tulang terutama tulang iga dan tulang belakang. Sajian tongseng dari daging sapi dibuat oleh YouTuber bernama Zasanah. 

Ia menjelaskan tongseng yang ia buat merupakan daging sapi. Untuk kuah, sebagai tambahan dia memberikan tomat, irisan cabai rawit merah dan kecap. Bumbu tongseng adalah campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Video yang dibuat Zusanah itu telah disaksikan lebih dari 300 ribu pasang mata di YouTube. Dan berikut bahan-bahan serta bumbu yang harus disiapkan untuk membuat tongseng daging sapi.

-400 gram daging sapi
-satu buah tomat merah yang telah diiris
-10 butir bawang merah yang telah diiris
-satu batang daun bawang yang telah diiris
-tiga siung bawang putih
-tiga butir kemiri
-setengah sendok teh garam halus
-satu sendok teh merica atau lada
-satu sendok teh bubuk kaldu sapi
-kecap manis secukupnya
-100 gram gula Jawa atau gula merah
-enam cabai rawit merah
-500 mililiter air
-minyak goreng secukupnya

Untuk membuat tongseng daging sapi siapkan semua bahan dan bumbu di atas. Kemudian, daging yang sudah disiapkan diiris dan dicuci bersih. Haluskan tiga siung bawang putih, tiga butir kemiri, satu sendok makan merica, dan setengah sendok teh garam halus. Tuang minyak secukupnya.

Tumis irisan bawang merah. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan 100 gram gula Jawa sambil diaduk rata. Setelah itu, masukkan irisan daging sapi kemudian aduk sampai rata sampai bumbu tercampur. 

Tuangkan 500 mililiter air ke atas wajan hingga matang. Tutup wajan. Setelah tiga puluh menit, tuang kecap manis secukupnya sambil diaduk. Tambahkan irisan cabai rawit sambil diaduk.

Kemudian, Anda pun bisa menambahkan irisan tomat merah. Masukkan satu sendok teh bubuk kaldu sapi. Tambahkan irisan daun bawang, aduk sebentar lalu matikan kompor. Angkat tongseng sapi yang sudah matang siapkan di piring saji. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top