Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Massa Kontra 2019 Ganti Presiden Datangi Polres Banyuwangi

Penulis : Hakim Said - Editor : Heryanto

29 - Aug - 2018, 19:11

Placeholder
Mbah Eko Sukartono, pentolan LSM Rejowangi, saat memberikan keterangan kepada media (Foto : Istimewa)

Kendati mendapat penolakan di berbagai daerah, namun di Banyuwangi, Gerakan 2019 Ganti Presiden sepertinya akan tetap digelar.

Malahan, rencana kegiatan ini bakal dilaksanakan pada Rabu 5 September 2018.

Sebagaimana surat izin yang diajukan ke Polres Banyuwangi, tokoh nasional #2019 Ganti Presiden# yang akan hadir adalah Neno Warisman.

Disebutkan, Neno Warisman bakal didapuk sebagai oratornya. Dalam surat ijinnya, kelompok yang digawangi Amrullah, Yunus Wahyudi dan Holili itu, menghadirkan massa sekitar 5000 orang. 

"Ini ijinnya sedang kita urus, sekarang mau kita ajukan ke Intelkam," lontar Holili, aktivis LSM asal Ketapang, Kalipuro, Rabu (29/8/18). 

Bersamaan massa 2019 Ganti Presiden hendak mengurus perijinan, kelompok kontra yang dimotori Eko Sukartono dan Soni Agus Setiawan juga mendatangi Mapolres Banyuwangi. Kehadiran dua kubu berseberangan ini tentu mengejutkan. Tak ingin ada gesekan, proses pengajuan ijin pun dipisahkan. 

Menurut Eko Sukartono, pihaknya akan melakukan antisipasi Gerakan 2019 Ganti Presiden dengan menerjunkan massa di dua titik. Lokasi itu adalah Gedung Wanita dan Bandara Banyuwangi.  

"Kita terjunkan masaa di masing-masing titik dengan jumlah kurang lebih 500 orang," ungkap pentolan LSM Rejowangi yang juga tergabung dalam Aliansi Rakyat Banyuwangi (ARB) ini. 

Kata Mbah Eko, panggilan akrab mantan wakil ketua DPRD dari Fraksi Golkar ini, bandara menjadi salah satu konsentrasi massa kontra #2019Ganti Presiden# guna menghadang Neno Warisman supaya tidak bisa datang di lokasi acara.

Dengan harapan Banyuwangi akan tetap kondusif dan tidak menjadi ajang gerakan yang mengancam kedamaian yang sudah ada. 

"Persoalannya yang didatangkan adalah Neno Warisman. Jadi dia menjadi fokus kita untuk diantisipasi," tukasnya. 

Kelompok kontra yang datang ke polres ini melibatkan enam lembaga. Keterangan Soni Agus Setiawan, selain LSM Rejowangi adapula ISRI,  GMNI, KBM, ARB, Hurak, dan Lemlit MP yang sepakat menghadang gerakan bertagar 2019 Ganti Presiden. 

"Kami menghendaki Banyuwangi tetap aman, makanya kita lakukan penghadangan," ujar relawan Jokowi Jawa Timur. 

Sementara Wakapolres Banyuwangi Kompol Oskar Syamsuddin menyatakan, benar ada dua kelompok yang datang ke institusinya. Mereka sama-sama diterima oleh petugas.  

"Adanya situasi seperti ini kita lebih mengedepankan kepentingan umum. Bila tidak kondusiv akan kita jadikan pertimbangan pihak keamanan. Tentang diberi ijin atau tidak menunggu nanti," tegasnya.


Topik

Politik berita-banyuwangi Ganti-Presiden-Datangi-Polres-Banyuwangi Massa-Kontra-2019



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hakim Said

Editor

Heryanto