Obati Kerusakan Mata?, Cukup dengan Daun Sirih

Ilustrasi.(Merdeka.com)
Ilustrasi.(Merdeka.com)

JATIMTIMES, BLITAR – Mata merupakan salah satu bagian panca indera manusia yang memiliki fungsi penting yaitu penglihatan.

Baik sadar dan tak sadar mata merekam segala aktifitas yang ada didepan kita, mulai dari kita bangun tidur dan membuka mata hingga kita terlelap kembali.  

Begitu banyak kegiatan sehari-hari yang kita lakukan dengan mata hingga kita melupakan perawatan serta kesehatannya. 

Seperti halnya menonton televisi dengan jarak terlalu dekat dan dalam waktu yang lama, berada di depan layar monitor tanpa kenal waktu, bermain gadget berlebih membaca di tempat yang gelap, atau sering terkena debu dan polusi sehingga mata terinfeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Kebiasaan kurang sehat serta penggunaan mata secara berlebihan sering kali menjadikan penglihatan kita terganggu.

Bahkan karena kurangnya perawatan dan deteksi dini kesehatan mata sebagian orang ada yang mengalami kerusakan mata seperti mata minus, rabun jauh dan rabun dekat ataupun katarak.

Cara mengatasi kerusakan mata seperti mata minus, rabun dan katarak pun tidak mudah. Bahkan kebanyakan orang pilih menyerah dan menggunakan kacamata saja.

Baru-baru ini cara herbal banyak digunakan untuk mengobati kerusakan mata. Salah satunya dengan daun sirih merah.

Dikutip dari manfaat.co.id varian dauh sirih yang memiliki nama latin piper ornatum ini memiliki berbagai kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat baik bagi kesehatan diantaranya flavonoid, alkoloid, tanin, saponin, hidroksi kavikol, eugenol, karvakrol, kavibetol, metileugenol, estargiol, terpen, fenilpropan, dan seskuiterpen.

Dengan sejumlah senyawa yang dikandungnya ini daun sirih merah tidak hanya mampu mengatasi iritasi mata namun juga mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tanaman yang berasal dari daerah Sulawesi dan merupakan tanaman asli Indonesia.

Sama seperti jenis tumbuhan sirih lainnya sirih merah juga tumbuh merambat pada tumbuhan atau benda lain. Bentuk daunnya kurang lebih sama dengan sirih hijau, berbentuk seperti hati dengan ujung daun meruncing.

Tekstur daun kaku dan tebal serta daunnya akan mengeluarkan lendir yang beraroma wangi ketika disobek. Tambahan warna merah pada daunnya membuat ia terlihat lebih cantik sehingga juga banyak digunakan sebagai tanaman hias yang mempercantik rumah atau taman.

Menurut beritasehatku.com cara  mengatasi kerusakan mata  seperti mata minus, rabun dan katarak dengan daun sirih sangat lah mudah. Simak cara-caranya dibawah :

-Siapakan beberapa helai daun sirih

-Cuci sampai bersih

-Masukan kedalam panci dengan menambahkan 2 gelas air dan sedikit garam

-Lakukan pengrebusan sampai air tersebut berubah warna

-Setelah berubah warna, angkat rebusan daun sirih

-Masukan kedalam wadah yang sudah disediakan

-Lalu, lakukan penyaringan untuk diambil airnya saja

-Diamkan beberapa menit

-Apabila sudah dingin, lakukan penetesan pada mata dengan secara rutin pada malam hari

Itulah Cara Mengobati Mata Minus dengan Daun Sirih. Meski telah dikatakan alami, ada baiknya anda juga tetap waspada terhadap dampak negatif yang ditimbulkan.

Bahkan dari dosis dan cara pengolahannya kurang tepat dapat menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya bahkan bisa menyebabkan kebutaan secara permanen.

Nah, untuk itu sebaiknya anda jangan pernah anggap sepele dan lakukan pengobatan yang sangat tepat.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Kali ini anda akan memperoleh kesembuhan secara aman tanpa efek samping dengan mata yang sehat. Selamat mencoba good people.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top