KKM Undar di Desa Pakis Trowulan, Sentuh Pemberdayaan Masyarakat dan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Sejumlah Mahasiswa UNDAR Saat Memberikan Program Pengembangan Produk Lokal dan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Pada KKM Desa Pakis.(Foto : istimewa)
Sejumlah Mahasiswa UNDAR Saat Memberikan Program Pengembangan Produk Lokal dan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Pada KKM Desa Pakis.(Foto : istimewa)

JATIMTIMES, JOMBANG – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu kegiatan wajib pada program akademi Universitas Darul 'Ulum (UNDAR) Jombang. Pada KKM kali ini, para mahasiswa UNDAR menerapkan beberapa programnya di Desa Pakis, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Koordinator desa KKM Pakis, Moch Choirun Nadzirin (27), menjelaskan, beberapa program yang diterapkan mahasiswa UNDAR kali ini meliputi program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Dimana pada program tersebut terdapat sejumlah agenda seperti, penguatan ekonomi kreatif, kesehatan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

"KKM Undar di Desa Pakis ini berlangsung dari tanggal 14 Agustus hingga 15 September 2018 mendatang. Kita melibatkan seluruh warga pada setiap kegiatan yang kita programkan," ujar mahasiswa Fakultas Psikologi UNDAR ini, Minggu (9/9).

Lebih lanjut Nadzirin menjelaskan, dalam program PPM di kelompoknya ini, warga Desa Pakis diberikan pelatihan pembuatan es krim dari bahan dasar jagung. Kegiatan ini pun sukses melibatkan mahasiswa dan warga setempat, khususnya para ibu-ibu PKK setempat. "Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengajak para warga desa memanfaatkan potensi jagung yang melimpah di lahan pertanian mereka. Hasil bumi tersebut dapat disulap menjadi salah satu peluang ekonomi baru," jelasnya.

Selain pelatihan kewirausahaan, sambung Nadzirin, masih ada 2 program yang sudah ditargetkan yaitu program pengembangan produk lokal dan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Program pengembangan produk lokal bertujuan untuk membantu mempromosikan produk lokal desa yang belum banyak dikenal orang. Sedangkan, untuk program KRPL bertujuan menciptakan penghijauan di desa Pakis dan membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

Dari produk KRPL masyarakat dapat memanfaatkan sayuran untuk dimasak sendiri dengan hasil yang higinis. "Dalam tiap kegiatan kami mengajak mereka ikut serta gotong royong," ungkap Nadzirin.

Pada bidang lain, yakni bidang kesehatan, salah satu mahasiswa Psikologi UNDAR, Imroatul mawaddah (27) menandaskan, dirinya bersama mahasiswa lain memberikan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) terhadap ibu-ibu usia subur yang menimbangkan balita di posyandu Dusun Pakis Kulon, Desa Pakis kec. Trowulan Mojokerto pada, Rabu (5/9) lalu.

Penyuluhan KB tersebut, merupakan kerjasama antara KKM Universitas Darul ‘Ulum Jombang dengan BKKBN Jawa Timur. Dalam program tersebut meliputi, pendataan warga, angka pernikahan dini, angka usia subur, pendataan Ibu Hamil, LANSIA, jumlah kematian, jumlah UMK. Dengan demikian tidak hanya berkutat pada penyuluhan KB.

"Tujuan dari penyuluhan ini sendiri agar semakin banyak yang mengikuti KB, memberi jarak kelahiran dan menentukan jumlah anak dalam keluarga," ucap Iim selaku narasumber penyuluhan KB di Desa Pakis.

Sementara, Kepala Desa Pakis, Suwandi berharap, program kegiatan mahasiswa KKM UNDAR dapat mengubah pola hidup masyarakat untuk bisa menangkap peluang ekonomi baru. Dengan begitu, terjadi peningkatan pendapatan perekonomian.
"Program mahasiswa UNDAR ini akan saya teruskan. Bukan dalam arti membangun fisik, tapi membangun pola hidup masyarakat yang lebih maju lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, KKM UNDAR di Desa Pakis ini juga mewarnai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dengan menggelar jalan sehat bersama.

Kegiatan ini disambut dengan antusiasme yang hebat dari para warga. Antusiasme ini dipicu oleh banyaknya hadiah yang dikeluarkan oleh teman-teman KKM untuk kegiatan ini. Hadiah utama sebuah sepeda untuk Anak Sekolah Dasar.

"Kegiatan kali ini selain untuk merayakan HUT RI, juga untuk mengajak warga desa berolahraga bersama dengan keluarga dan sanak saudaranya.," kata Moch Choirun Nadzirin selaku Koordinator Desa (Kordes) KKM UNDAR di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

Menurutnya, KKM Pakis sendiri tidak berjalan sendiri. Sejumlah  perangkat desa dan Karang Taruna ikut berpartisipasi dalam jalannya kegiatan Jalan Sehat ini. Dengan begitu kegiatan Jalan Sehat yang di laksanakan pada Hari Minggu pukul 7 pagi ini berjalan dengan lancar.

Pewarta : Adi Rosul
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top