Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dipuji Kementerian PUPR, Inovasi Pengolahan Sampah Kabupaten Malang Diadaptasi 91 Daerah Lain

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Yunan Helmy

14 - Sep - 2018, 11:41

Placeholder
Ilustrasi, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Bantar Gebang. Foto:Antara

Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir Dodi Krispratmadi M Env.E memberi apresiasi tinggi terhadap inovasi TPST 3R (tempat pembuangan sampah terpadu; reduce, reuse, dan recycle) berbasis masyarakat yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Malang.

Inovasi itu dinilai mampu mengubah kebiasaan dan cara pandang masyarakat dalam mengolah sampah. Perhatian besar terhadap mempertahankan keasrian lingkungan hidup itu pun dia nilai sangat bagus untuk diterapkan di kota dan kabupaten lain di Indonesia.

"Perkembangan pengolahan sampah di Kabupaten Malang dan Malang Raya ini sangat bagus," katanya saat hadir dalam galadinner dan diskusi bersama peserta Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah Tahun 2018 yang berlangsung di Pendapa Agung Kabupaten Malang pada Kamis (13/9/2018) malam.

Inovasi TPST 3R itu pun kini sudah ditiru oleh 91 kota dan kabupaten di Indonesia. Termasuk salah satunya adalah Kota Batu yang tahun depan menargetkan mampu menambah jumlah TPST 3R di seluruh perkampungan yang tersebar di tiga kecamatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq menyampaikan, saat ini kota wisata tersebut baru memiliki tiga TPST 3R. Rencananya, tahun depan jumlah TPST 3R ini akan ditambah menjadi 12 unit dan kini telah direncanakan dalam proses APBD 2019.

"Kami banyak belajar dari Kabupaten Malang. Dan inovasi TPST 3R ini menjadi salah satu yang kami konsentrasikan," ungkapnya.

Selain menerapkan TPST 3R, Pemerintah Kota Batu juga mencanangkan program pilah sampah  dari rumah. Nantinya para ibu rumah tangga diminta untuk memilah sampah sesuai jenisnya dan membuang pada tempat yang berbeda.

"Selain itu, kami terus mendorong pertumbuhan dan peran serta bank sampah. Di Kota Batu kini jumlah bank sampah mencapai 107 dari tahun 2016 hanya 56 bank sampah," beber Arief. (*)


Topik

Pemerintahan berita-malang Inovasi-Pengolahan-Sampah Ir-Dodi-Krispratmadi-M-Env-E



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Yunan Helmy