Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Ketua Umum PP Fatayat NU: Pawai Muharam Desa Sidorejo Luar Biasa Keren

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

17 - Sep - 2018, 07:56

Placeholder
Anggia Ermarini menyapa warga yang menonton pawai Muharam di Sidorejo.(Foto : Team BlitarTIMES)

Setiap tahun, Pengurus Ranting NU beserta banom (badan otonom) NU di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, memiliki tradisi istimewa dalam menyambut datangnya tahun baru Hijriah. Yakni, dilaksanakannya pawai yang menampilkan aneka kreativitas warga setempat.

Tahun ini, perhelatan akbar yang dilaksanakan Minggu (16/9/2018) ini terasa lebih istimewa. Pasalnya, hadir di tengah-tengah pawai, Ketua Umum PP Fatayat NU Anggia Ermarini.

Mbak Anggi, demikian panggilan akrab Anggia Ermarini, yang hadir atas undangan pimpinan Fatayat setempat mengaku sangat kagum terhadap pawai Muharam Desa Sidorejo tersebut. "Luar biasa. Keren banget. Semua warga desa bisa kompak dan bersatu seperti ini. Kreativitas yang ditampilkan peserta pawai bagus-bagus. Warga yang menonton di sepanjang jalur pawai juga menunjukkan antusiasme yang luar biasa," puji dia.

Kekaguman Mbak Anggi tampaknya tidak dibuat-buat. Tanpa pikir panjang, ia memutuskan untuk berjalan bersama kelompok pawai Fatayat dan Ansor. Bahkan, sambil membawa kotak amal dari panitia, Mbak Anggi sering menghampiri deretan warga di pinggir jalan untuk mengumpulkan sumbangan.

"Ide untuk mengumpulkan sumbangan dari warga guna menyantuni yatim piatu ini juga keren. Kepedulian sosial warga sangat tinggi. Saya akan menyampaikan pengalaman luar biasa ini ke kader dan pimpinan Fatayat NU di seluruh Indonesia. Salut deh untuk masyarakat Sidorejo," tambah dia.

Kegiatan Pawai Muharam yang dilaksanakan setiap tahun oleh Ranting NU Sidorejo ini, selain menghormati bulan Muharam, juga memiliki misi sosial. "Pawai tahunan di Sidorejo ini juga bertujuan mengumpulkan sumbangan warga. Nantinya, seluruh hasil dari penggalangan dana ini akan disalurkan kepada para yatim piatu dan warga tidak mampu," terang Jefi, salah satu panitia. "Melalui kegiatan semacam ini, kami berharap agar solidaritas sosial yang telah ada di tengah-tengah masyarakat akan tetap terpelihara dengan baik," imbuhnya. (*)


Topik

Agama blitar berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy