Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemohon SKCK Membeludak Jelang Pendaftaran CPNS di Tulungagung

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

18 - Sep - 2018, 18:28

Placeholder
Para pencari SKCK harus antre di Mapolres Tulungagung sejak pagi jelang pendaftaran CPNS. / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Guna memenuhi persyaratan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Tulungagung, jumlah pencari surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) melonjak tajam. Jika hari normal pencari SKCK per hari rata-rata 25 orang hingga 30 orang, Senin (17/9) jumlah pemohon SKCK meningkat hingga  mencapai 70 orang.

"Tidak ada penambahan personel. Hanya kami beri tempat tambahan yang nyaman dan masih bisa kami atasi," kata Wakapolres Tulungagung Kompol Andik Gunawan.
Dari pantauan Tulungagung TIMES, saking banyaknya pemohon, ruang antrean yang ada tidak menampung semua pemohon, sehingga beberapa kursi ditaruh di depan ruang utama gedung mapolres. "Proses pengurusannya langsung jadi hari ini juga," tambah wakapolres.

Dalam pengurusan SKCK, ada biaya yang harus dibayar, yakni sebesar Rp 30.000. Sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah, biaya SKCK termasuk pemasukan negara bukan pajak.

Sedangkan syaratnya seperti pengurusan sebelumnya yaitu fotokopi KTP dan harus menunjukkan aslinya, fotokopi kartu keluarga, surat pengantar dari desa, foto 4 x 6 sebanyak 6 lembar dan mengisi formulir SKCK. Jika pemohon pernah melakukan tindak pidana, akan diberi tanda khusus. "Kalau memang pernah melakukan tindakan kriminalitas, akan dilayani tapi dalam SKCK diberi tanda khusus atau keterangan," paparnya.

Sementara Sri (30), salah satu pencari SKCK, mengatakan dirinya hendak mengikuti test CPNS yang akan di gelar.. "Saya akan ikut yang kesehatan, kebetulan kuota paling banyak adalah bidang itu. Saya sudah lama bekerja di salah satu Puskesmas sebagai relawan," pungkas Sri yang menempati urutan belakang karena datang sudah siang. (*)


Topik

Peristiwa berita-tulungagung Pemohon-SKCK-Membeludak-Jelang-Pendaftaran-CPNS-di-Tulungagung calon-pegawai-negeri-sipil Wakapolres-Tulungagung Kompol-Andik-Gunawan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy